Menu

Harga Parfum Ada yang Mahal Banget! Kok Bisa Ya?

15 November 2020 11:30 WIB

Ilustrasi parfum. (Unsplash/Siora Photography)

HerStory, Tangerang —

Parfum berperan penting agar tubuh tetap wangi sepanjang hari. Tak jarang beberapa orang kebingungan memilih parfum karena memiliki berbagai macam harga dan brand.

Namun, sering enggak sih melihat harga parfum yang mahal banget? Yap, memang ada harga parfum yang mahal hingga jutaan rupiah. Duh, bingung juga ya kenapa harga parfum bisa semahal itu.

Melansir dari berbagai sumber, ini dia alasan parfum bisa memiliki harga yang mahal. Yuk, disimak!

1. Proses produksi

Membuat sebuah produk parfum tentu enggak mudah. Harus adanya waktu usaha, atau hambatan untuk mendapatkan hasil parfum yang diinginkan. Tak jarang ada bahan baku yang sulit untuk diolah seperti bahan baku binatang maupun bunga.

2. Bahan baku

Bahan baku ini menjadi faktor penentu utama harga parfum. Jika perusahaan parfum menggunakan bahan baku yang langka atau sulit didapatkan tentu harga parfum akan semakin mahal juga. Biasanya parfum yang mahal menggunakan pure essential oil di dalam produknya. Inilah yang membuat aroma parfum menjadi lebih tahan lama.

3. Biaya penelitian dan pengembangan

Membuat parfum juga ada proses penelitian dan pengembangannya, lho! Tentunya tahap ini memerlukan biaya, usaha, dan waktu yang besar. Biasanya untuk membuat parfum, pihak perusahaan akan melakukan uji coba beberapa kali hingga dapat mengembangkan produknya agar aman digunakan dan dapat dijual.

4. Packaging atau kemasan

Coba kamu lihat kemasan parfum harga mahal dengan parfum murah. Pasti beda ya? Biasanya parfum dengan harga mahal memiliki kemasan yang lebih mewah dan bagus. Bahkan materi dan desainnya pun ada yang menggunakan emas dan kristal. Wow! Pantesan bisa mahal ya!

5. Eksklusivitas

Parfum yang cenderung mahal biasanya tak tanggung-tanggung mempromosikan produk mereka. Biasanya menggunakan brand ambassador ternama hingga event peluncuran produk di tempat-tempat ternama. Dengan berbagai cara promosi tersebut, tentu saja membuat harga produk ikut menjadi mahal.

Nah, itu dia alasan kenapa parfum bisa memiliki harga yang mahal. Beauty tim harga murah diskonan atau parfum eksklusif nih?