Menu

Beauty, Catat! Begini Cara Memilih Pembersih Wajah Sesuai Jenis Kulit!

16 November 2020 17:15 WIB

ilustrasi wanita membersihkan wajah (Freepik/Jcomp)

HerStory, Jakarta —

Setiap wanita tentu mendambakan kulit wajah yang sehat dan ternutrisi secara baik. Salah satu cara untuk menjaga dan menutirisi kulit wajah yaitu dengan membersihkan wajah secara tepat dan baik. 

Namun sayang, beberapa wanita justru melakukan berbagai kesalahan. Salah satunya yaitu memilih produk pembersih wajah yang enggak sesuai dengan kebutuhan kulit. Hal tersebut tentu enggak akan memberikan hasil yang optimal dan produk pembersih wajah yang digunakan pun enggak dapat bekerja dengan baik.

Oleh karena itu, sebaiknya Beauty memilih produk pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit. 

Kulit kering

Kurangnya hidrasi, menyebabkan kulit terasa kering, mudah mengelupas, dan kusam. Bahkan, kulit kering bisa menjadi pemicu timbulnya jerawat. Untuk itu, Beauty membutuhkan pembersih wajah yang nggak hanya mengangkat kotoran, tetapi mampu memberikan kelembapan untuk kulit. 

Beauty dapat memilih produk pembersih wajah yang mengandung bahan-bahan seperti: Hyaluronic acid, glycerin, vitamin E, jojoba oil, coconut oil, olive oil, dan petrolatum. Kandungan tersebut berfungsi untuk memberikan kelembapan dan menjaga hidrasi kulit. 

Kulit berminyak

Karakterisik kulit berminyak adalah pori-pori yang besar, wajah sering terasa lengket, dan mudah berjerawat. Oleh karena itu, memilih pembersih wajah yang gentle dan aman untuk kulit jadi hal yang penting.

Beauty dapat memilih produk pembersih wajah yang memiliki kandungan seperti: Salicylic acid, glycolid acid, niacinamide, dan retinol. Umumnya, bahan-bahan tersebut bekerja untuk mengontrol dan menyerap sebum berlebih, serta mampu mengangkat kotoran hingga ke pori-pori.

Kulit sensitif

Bagi para Beauty yang memiliki kulit sensitif, harus lebih berhati-hati dalam memilih produk pembersih wajah agar enggak mengalami kemerahan, gatal, hingga iritasi. Karena itu, sebaiknya Beauty memilih pembersih wajah yang mengandung aloe vera, coconut oil, tea tree oil, allantion, shea butter, dan rosemary extract.

Dan ingat, pastikan produk yang digunakan sudah hypoallergenic atau teruji klinis tak mengandung zat yang menyebabkan alergi, lalu bebas fragrance, alkohol, benzoil peroxide, detergen, dan paraben.  

Kulit kombinasi

Beauty yang memiliki kulit wajah tipe kombinasi, sebaiknya kamu menggunakan dua pembersih wajah yang berbeda. Yang perlu kamu pastikan, bahwa pembersih wajah yang digunakan bebas dari fragrance, SLS, dan alkohol. 

Semoga bermanfaat ya,Beauty!