Menu

Gak Perlu Waktu Lama, Ini 7 Cara Ampuh agar Cepat Tidur, Bye-bye Begadang!

21 November 2022 16:40 WIB

Ilustrasi wanita sedang tertidur pulas. (Freepik/gpoinstudio)

HerStory, Bekasi —

Nggak sedikit orang yang memiliki masalah kesulitan tidur. Alhasil mereka terus terjaga, bahkan semalam suntuk. Tentu jika hal ini terus terjadi, ada beberapa dampak buruk seperti menyebabkan berbagai penyakit seperti diabetes, darah tinggi, hingga stroke.

Supaya hal tersebut tidak terjadi, cari tahu tips tidur cepat yang telah dilansir dari laman Healthline via sindikasi Suara.com berikut ini.

1. Metode pernapasan 4-7-8

Dr. Andrew Weil, pendiri Arizona Center for Integrative Medicine merekomendasikan metode pernapasan 4-7-8 untuk membuat kamu mudah tertidur. Cara ini didasarkan pada teknik pengendalian napas saat yoga dan terdiri dari pola pernapasan yang melemahkan sistem saraf.

Berikut caranya:

  • Pertama, letakkan ujung lidah pada belakang gigi depan atas
  • Buang napas sepenuhnya melalui mulut hingga berbunyi “wuss”
  • Setelah itu, tutup mulut dan tarik napas melalui hidung sampai hitungan ke-4.
  • Selanjutnya, tahan napas sampai hitungan ke-7.
  • Buka mulut dan buang napas sampai berbunyi “wuss” selama 8 detik.
  • Ulangi setidaknya tiga kali.

2. Buat jadwal

Bangun dan tidur di waktu yang sama setiap hari dapat membuat tubuhmu tahu kapan waktu untuk tidur dan lebih cepat terlelap pada waktu-waktu tersebut. Namun, pastikan bahwa kebiasaan tersebut telah memenuhi standar waktu tidur yaitu 7 sampai 9 jam setiap malam.

Terakhir, beri waktu 30-45 menit untuk bersantai di malam hari sebelum tidur. Ini supaya tubuh kamu lebih rileks dan tidur lebih nyenyak.

3. Kurangi cahaya

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kegelapan meningkatkan produksi melatonin, hormon penting untuk tidur. Cahaya redup di malam hari dapat meningkatkan rasa kantuk dan meminimalisir tubuh kamu tetap terjaga untuk waspada.

4. Atur jam makan

Cara selanjutnya supaya kamu cepat terlelap adalah membatasi jam makan. Usahakan untuk makan terakhir 4 jam sebelum waktu tidur. Selain itu, konsumsi makanan tinggi karbohidrat secara berlebihan dapat merusak kualitas istirahat malam.

5. Dengarkan musik

Musik secara signifikan dapat meningkatkan kualitas tidur, bahkan bisa digunakan untuk memperbaiki gangguan tidur kronis, seperti insomnia. 

Namun, jika kamu tidak suka mendengarkan musik sebelum tidur, cukup hindari kebisingan yang mungkin datang tiba-tiba seperti dari perangkat elektronik.

6. Olahraga

Olahraga dapat meningkatkan durasi dan kualitas tidur dengan merangsang produksi serotonin di otak dan menurunkan kadar kortisol, hormon pemicu stres. Untuk meningkatkan kualitas tidur, olahraga di pagi hari memberikan efek yang lebih signifikan dibanding olahraga sore.

7. Matikan perangkat elektronik

Bicara soal cara agar cepat tidur, poin ini tak kalah penting. Terlalu banyak menggunakan ponsel atau perangkat elektronik di malam hari, terbukti mengganggu upaya tidur kamu. Hal ini dikarenakan pancaran blue light yang menekan melatonin.

Penggunaan perangkat elektronik juga membuat pikiranmu selalu aktif. Jadi, jauhkanlah ponsel atau perangkat elektronik lainnya dari jangkauan di tempat tidur.

Semoga bermanfaat!

Share Artikel:

Oleh: Cherryn Lagustya