Menu

Daripada Gabut, Berkebun Yuk Moms! Ini 9 Jenis Tanaman yang Bisa Kamu Tanam di Rumah, Nomor 1 Paling Favorit!

28 November 2022 14:55 WIB

Ilustrasi ibu dan anak sedang berkebun. (rethinkrural.raydientplaces.com/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

ketika memiliki waktu luang, coba deh Moms untuk berkebun dan menanam sayur yang bisa ditanam di sekitar rumah. Selain bisa mengisi waktu luang, hal ini juga sangat menarik untuk dilakukan karena bisa menghemat pengeluaran rumah tangga serta kamu akan mendapatkan sayuran segar setiap harinya.

Dilansir dari All Recipes, simak daftar sayur yang bisa ditanam di rumah dan perawatan yang mudah yuk Moms! Mereka telah terbukti berhasil tumbuh meski ditanam di dalam ruangan.

Jenis Sayur yang Bisa Ditanam di Rumah

1. Wortel

Wortel tak membutuhkan banyak ruang di sekitarnya, tetapi mereka cenderung membutuhkan tanah yang lebih dalam daripada sayuran lainnya.

Wortel adalah jenis sayuran yang toleran atau mampu bertahan dengan suhu dingin dan berkembang pada sekitar 60 derajat F. Pastikan sayur wortel mendapatkan banyak cahaya, setaknya 12 jam sehari.

2. Bawang Hijau/Scallions

Bawang hijau adalah sayur yang bisa ditanam di rumah dengan baik karena mudah dirawat dan tak membutuhkan banyak sinar matahari seperti beberapa sayuran lainnya. Kamu juga bisa menanam kembali ujung akar bawang hijau setelah memetik bagian atasnya.

3. Sayuran Herbal

Herbal (sebagian dari sayuran) menyukai sinar matahari, jadi pastikan mereka mendapatkan banyak sinar matahari: 12-16 jam sehari. Mereka cenderung berkembang paling terbaik di sekitar 70 derajat F.

Beberapa varietas terbaik untuk penanaman tanaman herbal dalam ruangan, meliputi: daun bawang, peterseli, ketumbar, oregano, mint, rosemary, sage, dan thyme.

4. Hot Peppers (Cabai)

Tanaman cabai adalah tanaman keras tropis, artinya mereka tumbuh subur di cuaca hangat dan sinar matahari penuh. Cabai melakukan penyerbukan sendiri dengan cukup baik di dalam ruangan.

Cabai membutuhkan tingkat cahaya yang tinggi antara 14-20 jam sehari, dan berkembang pada sekitar 70 derajat F. Taruh mereka dalam wadah yang tingginya seenggaknya delapan inci, dan biarkan tanah mengering di antara penyiraman.

5. Salad Berdaun Hijau

Jenis salad berdaun hijau yang tahan dingin dan dapat diandalkan seperti bayam, kangkung, dan arugula. Mereka akan tumbuh secepat empat minggu di ruang yang padat. Jenis sayuran ini membutuhkan sekitar 12 jam sinar matahari per hari, dan mereka berkembang dengan baik di suhu sekitar 60 derajat F.

6. Microgreens

Jangan sampai tertipu dengan ukuran tanaman ini. Microgreens seperti bayam, peterseli, kemangi, seledri, daun ketumbar, dikemas dengan vitamin dan nutrisi 40 kali lebih banyak daripada tanaman dewasa.

Tanamlah dengan cara yang sama seperti menanam sayuran berdaun hijau. Microgreen akan mulai dipanen saat baru berumur sekitar 2-3 minggu. Cobalah menambahkannya ke sandwich untuk mendapatkan rasa renyah yang bergizi.

7. Kentang

Mungkin agak mengejutkan, tapi menanam kentang juga bisa dilakukan di rumah, lho! Mulailah dengan kentang bertunas dan potong menjadi beberapa bagian, letakkan dengan sisi kecambah di seenggaknya empat inci tanah. Tutupi mereka dengan empat inci tanah lagi dan dalam waktu sekitar dua bulan.

Pastikan kamu memiliki pot yang cukup besar. Kamu mungkin juga harus terus menambahkan tanah saat masa tumbuh untuk memastikan kentang selalu tertutup tanah.

8. Lobak

Lobak adalah tanaman sayur yang tumbuh cepat, dengan hanya 30 sampai 40 hari dari perkecambahan sampai panen. Mereka tak membutuhkan cahaya sebanyak sayuran lainnya, tetapi pastikan tak terlalu rapat jaraknya sehingga umbinya bisa tumbuh.

9. Tomat

Tomat adalah tanaman yang menyukai cuaca hangat, tetapi itu bukan berarti mereka tak bisa tumbuh di dalam ruangan. Tomat akan membutuhkan banyak cahaya, sekitar 14-20 jam sehari.

Seperti paprika, tomat melakukan penyerbukan sendiri, tetapi kamu juga bisa mengocoknya untuk membantu serbuk sari jatuh dari bunga ke bunga. Varietas yang lebih kecil cenderung lebih baik dalam wadah, dan kamu akan menemukan benih berkecambah cukup cepat.

Itulah 9 jenis tanaman sayur yang bisa ditanam sendiri di rumah. Selamat mencoba menanam sayuran di atas sesuai dengan panduan penanaman dan perawatannya yang tepat ya Moms!

Artikel Pilihan