Menu

Jangan Asal Moms! Ini 5 Kesalahan Belanja di Supermarket yang Bakal Berujung Boros, Nomor 1 Wajib Dilakukan!

28 November 2022 19:20 WIB

Ilustrasi membaca label gizi serta tanggal kedaluwarsa di makanan kemasan. (pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Meskipun belanja sudah menjadi aktivitas banyak orang dan sudah sangat sering dilakukan, rupanya masih banyak yang melakukan hal ini secara gak tepat dan bahkan bisa menjerumuskan ke pemborosan lho Moms!

Lalu, kesalahan belanja apa saja yang mesti diperhatikan agar tak boros? Berikut akan dijelaskan lebih lanjut ulasannya. Mari disimak!

1. Tak memperhatikan harga produk

Untuk barang-barang yang sering kamu beli misalnya detergen, sabun, dan lain-lain sebaiknya perhatikan harganya, ya. Ini dimaksudkan untuk menghindari terkena trik marketing.

Misalnya, suatu barang katanya diskon 30 persen, tapi pas kamu perhatikan ternyata setelah diskon harganya sama aja dengan harga yang biasa kamu beli, karena sebelum diskon harga barang tersebut dinaikkan dulu.

Praktik ini biasa terjadi ketika high season. Judulnya saja banting harga, tapi ternyata kalau kamu pernah berbelanja sebelumnya, baru sadar jika setelah banting harga itu harganya gak berbeda dengan season biasa.

2. Tak membuat rencana sebelumnya

Masih jarang orang yang melakukan perencanaan sebelum belanja. Padahal, langkah ini bisa menghemat pengeluaran rumah tangga, lho.

Sebagai contoh, dengan merencanakan menu untuk seminggu ke depan, bisa terhindar dari belanja yang berlebihan sampai-sampai bahan makanan jadi terbuang karena busuk. Kamu jadi bisa memastikan berapa jumlah bahan pokok yang mesti dibeli.

3. Mengabaikan berat produk

Mulai saat ini, coba deh perhatikan bobot produk tiap belanja. Karena ada produsen yang sengaja mengurangi bobot produknya agar bisa menjual barang dengan lebih murah.

Tips ini bisa sangat berguna bila kamu ingin membandingkan produk yang satu dengan yang lain. Jangan langsung terkecoh dengan harga. Bisa jadi harga yang mahal ternyata memiliki bobot yang lebih besar. Jadi, kalau dihitung-hitung lebih murah dibanding harga yang lebih di bawah tapi bobotnya jauh lebih sedikit.

4. Mengabaikan produk toko

Saat ini banyak supermarket yang mengeluarkan mereknya sendiri dengan harga lebih murah. Harga murah bukan berarti murahan, lho, karena biasanya mereka menghasilkan produk tersebut dari pabrik yang juga memproduksi produk lain sejenis tapi dengan kemasan lebih bagus dan harga lebih mahal.

5. Takut mencoba yang baru

Ada sebagian orang yang benar-benar setia terhadap merek tertentu. Gak ada salahnya untuk mencoba produk yang baru, lho. Siapa tahu ternyata kualitasnya sama dengan produk yang selama ini sudah dipakai tapi menawarkan harga lebih murah.

Nah, itu tadi beberapa tips berbelanja agar tak boros dan bisa menghemat. Semoga bermanfaat ya Moms!

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.