Menu

Alami Trauma Akibat Kegagalan Pernikahan di Masa Lalu? Begini 3 Cara Mengatasinya!

19 November 2020 20:00 WIB

seorang wanita yang memakai gaun putih lengkap dengan bunga di tangannya (Unsplash/Zella Duda)

HerStory, Jakarta —

Pernikahan merupakan hal sakral yang terjadi di dalam kehidupan. Hal itulah yang membuat setiap orang tentu mengharapkan agar pernikahan yang dilaluinya dapat berjalan dengan baik dan dijauhkan dari berbagai hal buruk.

Namun, bagaimana dengan pernikahan yang harus berakhir begitu saja? Hal tersebut tentu meninggalkan luka yang begitu dalam bagi beberapa orang yang mengalaminya. Tapi, kehidupan akan terus berjalan dan kamu harus segera bangkit agar tak berlarut-larut meratapi kesedihan.

Untuk itu, lima cara di bawah ini dapat membuatmu mengatasi rasa trauma atau kesedihan akan kegagalan pernikahan di masa lalu.

Mencari bantuan

Rasa sakit hati akibat gagalnya pernikahan bisa menimbulkan trauma tersendiri. Psikolog Hvovi Bhagwagar menyarakan agar mencari bantuan dari para profesional. Hal tersebut dapat membantu untuk berkonsultasi bagaimana cara mengatasi permasalahan dan menghilangkan rasa trauma.

Jangan terlalu lama bersedih

Saat merasakan kesedihan karena telah gagal mempertahankan pernikahan di masa lalu, tentu saja ada hal yang membuatmu menjadi lebih berhati-hati  agar tak terluka kedua kali. Tapi sebaiknya jangan terlalu larut didalamnya sebab kamu masih memiliki kehidupan yang harus terus dijalani. Percaya saja bahwa nantinya kamu akan menemukan pengganti yang jauh lebih baik.

Pilih pasangan dengan bijak

Jika pernikahan sebelumnya berakhir karena ketidakcocokan, maka carilah seseorang yang lebih baik dari sebelumnya.Ambil hikmah dari pengalaman masa lalu yang kelam agar tak mengulangi kesalahan yang sama. Oleh karena itu Anda harus bijak memilih pasangan, kenali lebih dalam calon pasangan sebelum memutuskan untuk menjalin hubungan kembali.

Let's move on and be happy! Semoga bermanfaat ya.