Menu

Gak Perlu Diet Ketat, Ini 4 Cara Ampuh Kecilkan Perut dan Turunkan Berat Badan! Tertarik Coba Gak Nih?

29 November 2022 16:25 WIB

Mengukur lingkar perut. (pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Salah satu masalah yang cukup mengganggu khususnya kaum wanita adalah perut yang buncit. Selain membuat gak percaya diri, banyak sekali masalah kesehatan yang bisa timbul akibat adanya perut buncit salah satunya adalah diabetes tipe 2.

Nahlho, pastinya kamu gak mau dong mengundang penyakit ke dalam tubuhmu?

Idealnya, olahraga teratur dan diet bergizi seimbang memang menjadi kunci utama untuk mengecilkan perut bucit maupun menurunkan berat badan. Akan tetapi bila waktumu tak cukup banyak untuk melakukan olahraga setiap hari, kamu bisa mencoba dengan cara lainnya.

Merangkum dari Alodokter dan Hellosehat, berikut beberapa cara ampuh untuk mengecilkan perut buncit tanpa olahraga:

1. Membatasi Konsumsi Minuman Beralkohol

Mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan bisa mempengaruhi terhadap peningkatan lemak di bagian perut. Hal ini jarang sekali disadari oleh sebagian besar orang.

Bukan hanya itu saja, mengonsumsi jenis minuman beralkohol secara terus-menerus juga bisa meningkatkan risiko berbagai permasalahan kesehatan lainnya, seperti sirosis, hepatitis, bahkan kanker.

2. Mencukupi Waktu Tidur

Ternyata tidur yang cukup itu mempunyai banyak manfaat baik bagi kesehatan, lho. Salah satunya bisa mengotrol berat badan dan ini akan berpengaruh terhadap proses pengecilan perut yang buncit.

Kurang tidur malam bahkan sering kali dikatkan dengan peningkatan rasa lapar secara terus-menerus, sehingga kamu akan mengonsumsi banyak makanan dan menyebabkan penumpukan lemak di perut.

Oleh sebab itulah kamu harus berusaha untuk menciptakan kualitas tidur yang baik dan cukup, minimal 7 jam setiap malam.

3. Memperbanyak Asupan Protein dan Serat

Kamu juga bisa berusaha mengecilkan perut buncit dengan memperbanyak makanan yang mengandung serat dan protein. Diketahui bahwa serat dapat membantu menciptakan rasa kenyang yang lebih lama sehinga kamu akan mengurangi jumlah asupan makanan.

Sementara itu serat juga dapat menjaga fungsi sistem pencernaan yang mampu mengurangi terjadinya perut kembung dan membuat perut telihat kecil. Sedangkan protein sendiri dapat memperbaiki jaringan otot sekaligus membuat tubuh merasa kenyang lebih lama.

Dengan demikian, maka lemak di perut akan lebih redah dan kamu tak akan lagi memiliki perut buncit.

4. Mengelola Stres dengan Baik

Ada lagi cara mengecilkan perut bucit yang tak kalah mudahnya, yaki dengan mengelola stres dengan baik. Pasalnya, stres yang berlebihan justru berkontribusi terhadap penumpukan lemak di perut, lho.

Seperti sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa kadar hormon stres yang tinggi dapat menyebabkan peningkatan nafsu makan dan mendorong penyimpanan lemak perut.

Karenanya, untuk mengatasi hal ini kamu bisa menciptakan suasana ataupun melakukan aktivitas yang menyenangkan.

Sehingga stres bisa teralihkan dan kamu bisa lebih fresh, misalnya dengan melakukan meditasi, yoga, atau mendengarkan lagu kesukaan. 

Itulah beberapa cara ampuh untuk mengecilkan perut buncit yang bisa kamu coba. Semoga berhasil, ya Beauty!

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.