Menu

Badan Terasa Lelah Setelah Bangun Tidur? Ternyata Ini Lho Penyebabnya!

21 November 2020 07:10 WIB

Ngulet atau Menggeliat Setelah Bangun Tidur (Shutterstock/Nenad Aksic)

HerStory, Jakarta —

Tidur merupakan waktu yang digunakan oleh seseorang untuk mengistirahatkan tubuh dari berbagai padatnya aktivitas yang telah dilakukan sehari-hari. Tapi bagaimana ya setelah bangun dari tidur, kondisi badanmu malah terasa lelah? Hal tersebut tentu sangat menyebalkan.

Namun, apakah kamu mengetahui penyebab mengapa kondisi tersebut terjadi? Jika belum, berikut HerStory rangkum beberapa hal yang menyebabkan badan tetap terasa lelah walaupun sudah tidur dengan cukup.

Mengonsumsi makanan sebelum tidur

Ketika tidur tubuh mengaktifkan sistem parasimpatetik. Sistem tersebut bertanggung jawab terhadap fungsi pencernaan. Mengonsumsi makanan berat yang sulit untuk dicerna sebelum tidur akan memperburuk kualitas tidur dan saat terbangun di pagi hari. 

Mengalami sleep apnea

Sleep apnea merupakan gangguan pada saluran pernapasan yang terjadi saat tidur, di mana saluran udara terhambat karena dinding tenggorokan yang mengendur dan menyempit. Apakah kamu kerap terbangun malam hari karena kehabisan udara? Kamu harus segera konsultasi ke dokter karena gangguan ini dapat membuat kualitas tidurmu dan membuat tubuhmu terasa lelah ketika terbangun.

Menjalani pengobatan

Beberapa jenis obat mempunyai efek samping yang membuat seseorang sulit tidur. Bahkan obat penenang pun berpotensi membuat seseorang kesulitan tidur nyenyak.

Kebanyakan obat tidur hanya membuat tidur  artifisial, atau sifatnya hanya sementara. Hal inilah yang menyebabkan seseorag enggak mendapatkan tidur yang sesungguhnya.

Sering mimpi buruk

Mimpi dipercayai dapat membantu proses emosi seseorang. Saat seseorang sedang merasakan emosi seperti takut, marah, atau sedih, maka berpotensi mimpi buruk.

Mimpi buruk dapat menyebabkan seseorang kekurangan tidur dan memproduksi hormon stres saat terlelap. Akibatnya, seseorang akan merasa enggak segar ketika bangun tidur dan ini juga menjadi penyebab badan tetap terasa lelah setelah bangun tidur.

Semoga bermanfaat!