Menu

Beauty, Jenis Posisi Tidur Ini Ternyata Bisa Pengaruhi Kecantikan Kulit Lho!

27 Juli 2021 20:30 WIB

ilustrasi wanita sulit tidur. (unsplash/Kinga Cichewicz)

HerStory, Jakarta —

Memiliki kulaitas tidur yang baik, biasanya selalu dikaitkan dengan kesehatan kulit. Tetapi, bagaimana jika justru sebaliknya? Kulit sehat yang didambakan bisa saja dipatahkan oleh posisi tidur yang salah.

Berbicara soal posisi tidur, ternyata ada jenis posisi tidur yang bisa menyebabkan kerusakan pada kulit, terutama area wajah. Posisi tidur bisa berdampak buruk pada kulit dan menyebabkan jerawat hingga munculnya tanda penuaan dini, seperti garis halus dan keriput.

Cara tidur benar-benar mencerminkan penampilan dan psisi tidur bisa berpengaruh terhadap kecantikan kulit. Penasaran jenis posisi tidur apa saja yang bisa mempengaruhi kecantikan kulit?'

Menyadur dari laman Times of India, berikut beberapa di antaranya seperti yang dijelaskan oleh Celebrity Dermatologist, dr Kiran Lohia.

Tidur dengan memeluk bantal

Tidur telentang merupakan cara terbaik untuk tidur. Mempertahankan posisi tidur dengan ketinggian 20-30 derajat dapat membuat cairan di dalam tubuh mengalir dengan baik. Tapi sayangnya, banyak yang merasa nyaman dengan posis tidur menyamping atau tengkurap.

Beauty, tanpa sadar hal ini akan membuat wajah terdorong dan tertekan ke bantal. Di mana sarungnya mengandung bakteri atau bahkan bekas produk perawan dan makeup yang menempel di atasnya.

Solusi terbaik yang bisa kamu lakukan ialah rutin mengganti sarung bantal. Sarung bantal yang kotor bisa menyebabkan kulit berjerawat atau bahkan muncul ruam pada kulit. 

Tidur tengkurap

Tanpa disadari, mungkin banyak di antara kamu yang menyukai tidur dengan posisi seperti ini. Tetapi, ini merupakan posisi tidur terburuk bagi siapa pun.

Saat tidur, kulit juga butuh bernafas, posisi tidur tengkurap hanya akan menghalangi folikel pada kulit. Kalau dibiarkan terus-menerus, hal ini akan menyebabkan pori-pori tersumbat, berjerawat, dan muncul garis halus pada kulit. 

Tidur dengan posisi tengkurap, sama halnya dengan kamu yang enggak mengizinkan sirkulasi berjalan lancar. Hal ini juga bisa menyebabkan mata bengkak dan munculnya kantung mata, karena wajah tertekan ke bantal selama 8 jam. 

Posisi tidur telentang, akan membuatmu terlihat lebih tua di usia yang masih muda. Hal ini lantaran posisi tengkurap bisa membuat wajahmu lebih datar dan memicu kerutan. 

Tidur miring

Selanjutnya ialah jenis posisi tidur miring. Posisi ini menyebabkan lebih sedikit kerusakan pada kulit, dibandingkan posisi lainnya. Namun, posisi ini juga bukan yang ideal untuk dilakukan.

Saat kamu tidur miring, kamu memberi banyak tekanan pada satu sisi. Hal ini bisa meratakan tulang pipi dan memicu kerutan di samping karena semua gesekan dan tekanan.

Selain itu, saat mengaplikasikan skincare malam, semua bahan enggak terserap baik pada kulit, karena sebagian lainnya menempel pada bantal.

Tidur telentang

Seperti yang sudah disebutkan di awal, tidur telentang adalah posisi ideal yang perlu dilakukan. Sebab, posisi ini enggak membuat banyak tekanan pada kulit wajah, yang menyebabkan lebih sedikit garis halus, kontur wajah yang lebih merata, dan membuat kulit lebih halus dan awet muda.

Selain itu, wajahmu juga enggak akan menyentuh sarung bantal, menghindari pertukaran minyak, kotoran dan bakteri. Tidur dengan posisi ini akan mencegah iritasi kulitatau berjerawat.

Biarkan kulit bernapas semalaman dengan tidur telentang. Ini mungkin sulit dilakukan oleh banyak orang, tetapi posisi ini benar-benar menyelamatkan.

Nah Beauty, itu dia jenis posisi tidur yang bisa memengaruhi kulit. Terlepas dari itu, semoga tidurmu nyeyak malam ini ya, Beauty!