Menu

Gak Perlu ke Dokter! Ini 4 Bahan Alami yang Bisa Kamu Coba untuk Redakan Sakit Gigi, Nomor 3 Gak Disangka!

02 Desember 2022 14:25 WIB

Ilustrasi sedang sakit gigi. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Masih ingat dengan lagu dengan lirik 'Lebih baik sakit hati daripada sakit gigi' gak Beauty? Pasti banyak orang berpikir mereka bisa menangani sakit gigi dengan baik. Namun nyatanya, ketika sakit gigi sudah datang, sekujur tubuh akan terasa nyeri dan bahkan membuat hal-hal kecil menjadi menyebalkan lho.

Tak jarang, orang yang merasakan sakit gigi juga akan merasakan bengkak pada pipi dan gusinya. Hal inilah yang membuat kadang kala sakit gigi menjadi penyakit yang sangat luar biasa sakit.

Saking sakitnya, tentu saja hal ini dapat mengganggu aktivitas sehari-sehari bagi seseorang yang sedang mengalami sakit gigi. Sakit gigi sendiri bisa disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya disebabkan karena gigi berlubang.

Lalu, bagaimana caranya meredakan sakit gigi? Lebih mudahnya adalah dengan pergi ke dokter. Namun, sebenarnya ada cara alami yang bisa dilakukan untuk meredakan sakit gigi tanpa harus pergi ke dokter.

Dilansir dari halodoc.com dan siloamhospitals.com, berikut adalah bahan alami dan cara penggunaannya untuk meredakan sakit gigi yang bisa kamu coba, simak yuk Beauty!

1. Air garam

Berkumur dengan air garam, cara kuno yang satu ini ternyata memang dianjurkan oleh para dokter karena cukup efektif untuk membantu meredakan sakit gigi.

Hal ini dikarenakan garam memiliki khasiat antibakteri dan antiradang, sehingga dapat membantu membunuh bakteri jahat dalam mulut dan meredakan pembengkakan.

Cara pengaplikasiannya cukup mudah. Larutkan garam ke dalam air hangat, lalu gunakan untuk berkumur.

2. Daun jambu biji merah

Daun jambu biji merah dapat mengurangi peradangan, ngilu, dan nyeri di rongga mulut. Caranya hanya cukup mengunyah 1-2 lembar daun jambu biji sampai sampai airnya keluar, lalu oleskan ke gigi yang terasa sakit menggunakan lidah.

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan merebus 5 lembar daun jambu biji merah. Setelah mendidih, diamkan sampai hangat. Tambahkan sedikit garam, lalu gunakan untuk berkumur.

3. Lemon

Tak hanya populer dijadikan minuman segar yang juga dapat meningkatkan imun tubuh, ternayata lemon juga memiliki khasiat lain untuk meredakan sakit gigi.

Lemon kaya akan antiseptik dan antibakteri, karena itulah lemon bisa dijadikan pilihan untuk mengurangi sakit pada gigi.

Caranya bisa langsung meneteskan perasan lemon ke area yang sakit. Atau bisa juga meneteskan perasan lemon di kapas, baru kemudian kapas tersebut dioleskan ke bagian yang sakit.

4. Minyak cengkih

Menurut Journal of Dentistry, cengkih memiliki senyawa eugnol yang dapat membantu menghilangkan rasa nyeri dan ngilu pada saat sakit gigi.

Caranya cukup teteskan minyak cengkih di kapas, kemudian oleskan ke bagian yang terasa sakit dengan berhati-hati. 

Jangan sampai mengenai lidah dan gusi yang sensitif, karena nanti bisa menimbulkan berbagai reaksi. Reaksi yang dapat ditimbulkan bisa berupa iritasi, sesak napas, dan pendarahan.