Menu

Penderita Diabetes Kumpul! Ini 6 Alternatif Makanan Pokok Pengganti Nasi yang Ampuh Bikin Kenyang! Asyik, Gak Perlu Khawatir Gula Darah!

05 Desember 2022 19:25 WIB

Ilustrasi nasi putih. (Unsplash/edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Kini, salah satu penyakit kronis yang seringkali menjadi masalah kesehatan masyarakat Indonesia adalah diabetes lho Moms. Penyakit ini biasanya ditandai dengan kadar gula darah yang sangat tinggi.

Diabetes juga menyebabkan gangguan sistem peredaran darah, kekebalan tubuh, dan masalah pada saraf.

Oleh karena itu, seorang penderita diabetes harus memperhatikan dengan benar setiap makanan yang dikonsumsinya.

Tak hanya itu, penderita diabetes harus mengurangi jumlah makanan yang mengandung kalori tinggi dan indeks glikemik yang tinggi, salah satunya nasi putih lho Moms. Namun, di sisi lain penderita tak harus menghentikan konsumsi karbohidrat pula.

Hal ini karena nasi putih bukan sumber utama karbohidrat, masih banyak jenis makanan yang memiliki karbohidrat namun rendah kalori, yaitu:

1.Nasi Merah

Nasi merah menjadi makanan yang populer untuk para penderita diabetes. Tekstur pada nasi merah juga tak jauh berbeda dengan nasi putih pada umumnya.

Jenis nasi ini memiliki risiko lebih rendah dari nasi putih yang dapat meningkatkan risiko diabetes makin tinggi. Diketahui, Nasi merah dapat mengurangi risiko pada penderita diabetes hingga 16 persen.

2.Oats

Makanan pengganti nasi putih yang kedua adalah oats. Oats merupakan jenis gandum yang mengandung tinggi serat dan mampu mengontrol kadar gula dalam tubuh.

Satu ons oat mengandung 14 gram karbohidrat dan 2,5 gram serat yang bisa menjadi pilihan pengganti nasi bagi penderita diabetes. Namun selalu waspada terhadap oatmeal instant yang telah melalui banyak proses kimia.

3.Ubi Jalar

Ubi jalar merupakan makanan yang mengandung karbohidrat sebagai pengganti nasi putih bagi penderita diabetes. Ubi jalar tak akan membuat gula darah penderita diabetes melonjak tiba-tiba. Sebaliknya, ubi jalar sangat baik dikonsumsi karena mengandung beta karoten yang mampu mencegah berbagai penyakit.

4.Jagung

Selanjutnya ada jagung yang kaya akan serat, magnesium dan berbagai macam jenis vitamin lainnya. Oleh karena itu, jagung cocok menjadi makanan pengganti nasi putih untuk penderita diabetes.

Bagi penderita diabetes disarankan untuk mengkonsumsi olahan jagung sebagai pengganti nasi putih, salah satunya adalah jagung kukus. Kalian dapat menambahkan berbagai jenis makanan yang tinggi protein agar mendapatkan nutrisi yang lengkap.

5.Kentang

Kentang memiliki cita rasa yang manis dengan tekstur lembut sehingga cocok diolah menjadi berbagai macam hidangan yang lezat. Oleh karena itu, kentang bisa dijadikan pengganti nasi putih yang baik bagi penderita diabetes.

6.Singkong

Selain kentang, ada juga singkong yang dapat membuat perut lebih mudah kenyang. Meski mengandung karbohidrat yang tinggi, indeks glikemik pada singkong rendah sehingga tak membuat lonjakan gula darah.

Artikel Pilihan