Menu

Moms Kumpul! Jelang Akhir Tahun, Ini Tips Belanja Baju di Tanah Abang Anti Nyasar dan Pastinya Murah! Cuss Langsung Sikat!

05 Desember 2022 20:45 WIB

Sejumlah calon penumpang yang mengenakan masker antre bersiap menaiki kereta di Stasiun Tanah Abang, Jakarta, Kamis (27/8/2020). (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/aww)

HerStory, Jakarta —

Hingga kini, pasar Tanah Abang masih menjadi pilihan banyak orang untuk berbelanja kebutuhan sandang keluarga. Apakah kamu salah satu langganan Moms?

Biasanya, orang membeli pakaian dengan jumlah yang sangat banyak untuk sebuah acara atau kembali dijual di pasar ini.

Di Tanah Abang, kamu bisa menemukan segala macam pakaian dari segala usia dengan sangat mudah dan tentunya murah.

Aneka jenis pakaian dari segala usia bisa ditemukan di pasar yang digadang-gadang masih yang terbesar di Asia Tenggara. Bila berencana belanja pakaian dalam jumlah banyak atau grosir, sebaiknya pergi ke gedung Metro di Blok A, tak jauh dari stasiun Tanah Abang.

"Itu jadi pusat grosir buat pakaian di Tanah Abang," kata selebgram Cici Palugada, Lysa, ditemui di kawasan Tanah Abang, beberapa waktu lalu. 

Cici Palugada sendiri menjadi akun di Instagram yang masih terhubung dengan akun Palugada Tenabang. Kedua akun tersebut menyediakan review toko pakaian di Tanah Abang dengan memberikan informasi seputar produk yang dijual, kualitas barang, harga, serta alamat toko.

Saya datang ke toko untuk review produknya. Saya tunjukan produknya langsung, dibikin berupa video. Lalu nanti di akun Cici Palugada cuplikannya, lengkapnya di ada di Palugada Tenabang," imbuhnya.

Menurut Lysa, cara tersebut dapat membantu penjual dalam promosikan produk jualannya. Sekaligus juga membantu pembeli agar terhindar dari penipuan dagangan Tanah Abang lewat media sosial.

"Kita baru mulai dari Maret 2022, tapi udah sering dapat DM (direct message) yang tanya, 'Ci, toko ini bener gak, ya'. Karena gak sedikit yang pernah kena tipu," cerita Lysa.

Pernah menjadi marketing dengan memasarkan kios pasar Tanah Abang sejak 2008, Lysa mengaku telah sangat mengenal lokasi tersebut. Sehingga tak sulit baginya untuk mendeteksi bila ada alamat kios yang dipalsukan oleh penjual bodong.

"Cici Palugada hadir sebagai influencer buat promosikan toko-toko. Saya berikan informasi tentang Tanah Abang, terutama trend fashion. Jadi kaya guide toko. Jadi kalau follow mngkin bisa dapat informasi," tutur Lysa.

Wanita 36 tahun itu memastikan bahwa toko yang diulas dan didatangi oleh dirinya bersama tim Cici Palugada sudah pasti terverifikasi. Sehingga pembeli dari luar Jabodetabek pun tak perlu bingung mencari toko incaran untuk berbelanja.

Hampir sepuluh bulan berjalan, Cici Palugada telah mengulas sekitar 100 toko pakaian di Tanah Abang. Jumlah tersebut memang masih sangat sedikit dibandingkan dengan total 3 ribu pedagang hanya di gedung Metro saja. 

"Kita review fashion apa pun. Ada baju cowo, jaket, kemeja koko, sweater, baju anak juga bisa kita review," pungkasnya.