Menu

3 Perilaku Unik Gen Z dalam Bersosial Media, Dampaknya Besar Banget Lho!

07 Desember 2022 23:30 WIB

Ilustrasi lelah bermain media sosial. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Menjelang akhir tahun, Meta membagikan fokus #MetaID2023 untuk memberikan wawasan serta tren di tahun depan yang bermanfaat bagi pelaku bisnis dan komunitas agar dapat tumbuh dan berkembang di Facebook, Instagram, dan WhatsApp. Gak hanya itu, dari data yang ditemukan juga dapat dibaca bagaimana karakter pengguna sosial media selama setahun terakhir.

Bersama dengan Populix, meta melakukan riset bagaimana para Gen Z sebagai pengguna terbesar sosial media menggunakan platform online tersebut. Mereka memiliki pengaruh besar dalam menentukan kultur yang populer di dunia maya.

“3,2 miliar atau 41i populasi dunia adalah Gen Z, menjadikan mereka generasi yang sangat penting bagi industri digital. Di Instagram, mereka memiliki kekuatan untuk menciptakan tren dan mengarahkan percakapan mengenai kultur-kultur yang tengah populer,” ujar Revie Sylviana, Direktur Kemitraan Kreator Asia Tenggara, Meta.

Nah, kira-kira apa saja karakter unik Gen Z dalam menggunakan media sosial tersebut? Berikut penjelasan yang diterangkan oleh Pieter Lydian selaku Country Director Meta di Indonesia.

1. Menyatukan koneksi & hiburan di satu tempat

Beauty, ternyata generasi yang satu ini sangat suka menikmati hiburan sekaligus tetap ingin menjalin interaksi dengan teman-temannya. Oleh karena itu, mereka berusaha untuk tetap aktif untuk membagikan konten dengan orang lain.

“Gen z gak mau pasif untuk menikmati hiburan sendiri tetapi ingin tetap terkoneksi ke circle nya. Mereka ingin membagikan konten hiburan ke teman teman. Ig menyediakan fitur untuk membagikan (share) konten hiburan baik dari DM, ig story secara real time. Pengen keliatan yang pertama dan ingin meng-influenced teman-temannya,” ujar Pieter.

2. Aksi sosial

Karakter lain dari Gen Z adalah mereka sangat sadar akan isu sosial yang terjadi dilingkungannya. Oleh karena itu, mereka juga biasanya akan mengikuti sosok yang suka menggaungkan aksi sosial.

“(Perilaku Gen Z berpengaruh pada) Bagaimana menggunakan sosial media dengan membawa perubahan dan aksi sosial,” ungkapnya.

Ada beberapa isu yang disorot oleh Gen Z, yaitu

  • Isu lingkungan seperti global warming dan sustainability
  • Sosok yang otentik
  • Women empowerment
  • Kesehatan mental

3. Personalisasi identitas digital

Gen Z juga cenderung suka melakukan personalisasi identitas digital dengan membuat avatar. Ini menjadi tren baru yang mana melalui avatar dapat disampaikan berbagai ekspresi.

Artikel Pilihan