Menu

Biar Makin Mesra, Ini 5 Cara Menjaga Keutuhan Rumah Tangga, Yuk Terapkan Moms!

09 Desember 2022 16:50 WIB

Relationship (Unsplash/NeONBRAND)

HerStory, Bekasi —

Menjaga keutuhan rumah tangga memang bukan perkara yang mudah. Perbedaan pasti akan selalu ada di antara kamu dan suami, tapi pastikan untuk mengatasi perbedaan yang ada dengan cara yang sehat, entah berkompromi, atau saling menerima.

Sebagai istri, penting juga untuk mengetahui cara menjaga keutuhan rumah tangga. Apa sajakah itu? Mengutip dari sindikasi theasianparent, berikut ulasannya.

1. Komunikasi kunci utama

Pastikan kalian berdua telah membentuk suatu komunikasi yang efektif dan adil bagi kedua belah pihak sebagai salah satu kunci dalam menjaga keutuhan rumah tangga. Komunikasi yang diterapkan bersama pasangan dapat menjadi pembelajaran untuk anak-anak tentang bagaimana cara berbicara dan mengutarakan isi hati mereka.

Jadwalkan waktu ngobrol berdua tentang hubungan kalian. Ingat, kamu dan suami menua bersama. Oleh karena itu, kebutuhan, keinginan, dan minat kalian berdua mungkin berubah. Di sinilah pentingnya komunikasi, yaitu untuk membahas ketika kebutuhan kamu dan suami mungkin telah berubah.

2. Belajarlah untuk memberi dan menerima

Ketika dua orang hidup bersama, kompromi adalah suatu hal yang tak bisa dihindari untuk menjaga keutuhan rumah tangga. Manusia bukanlah makhluk sempurna, jadi ia masih membutuhkan pertolongan dari manusia lainnya.

Ingatlah semua hal positif yang dilakukan pasangan kamu dalam keseharian - dan berterimakasihlah. Dengan begitu, ia akan merasa dihargai, dan melakukan hal yang sama kepadamu.

3. Redam emosi

Jika kamu dan suami bertengkar, luangkan waktu untuk menenangkan diri. Saat kalian berdua sudah tenang, kamu dapat berbicara dengan lebih rasional. Waktu ini juga dapat membantumu mencari tahu mengapa kamu kesal atau apa yang dibutuhkan untuk menjadikan hubungan lebih baik.

Fokuslah pada apa yang dikeluhkan, bukan pada suami. Dengan mengungkapkan perasaan dan pikiran kamu tentang masalah ini, suami akan belajar mengapa kamu frustrasi. Jjika kamu mengkritik suami sebagai individu, bukan tak mungkin ia akan menjadi defensif, dan masalah pun tak akan terselesaikan.

4. Jangan mengharap imbalan/pamrih

Jangan mengharapkan balasan dari semua yang kamu lakukan, baik sebagai istri maupun sebagai orangtua dari anak-anak.  Ada hal-hal di dunia ini yang tak bisa dipertimbangkan berdasarkan untung rugi, karena keberhasilan kamu dalam menjaga keutuhan rumah tangga adalah sesuatu yang tak bisa dibeli.

5. Saling menghargai

Menghargai pasangan dengan melayani dan memahami keinginannya gak sama dengan merendahkan harga diri kamu. Seorang pasangan yang baik akan memutuskan untuk mengalah meski menjaga keutuhan rumah tangga kadang terasa tak mengenakkan.