Menu

Kata Siapa Gak Enak? Ini 7 Ide Menu Sarapan Lezat untuk Penderita Diabetes, Nomor 4 Seger Banget!

13 Desember 2022 07:05 WIB

Ilustrasi sarapan. (pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Salah satu jam makan yang seharusnya tak boleh dilewatkan adalah sarapan. Terlebih bagi para penderita diabetes. Namun sayangnya, penderita diabetes jarang sekali menemukan makanan yang cocok untuk disantap pagi hari dan harus sangat teliti memilihnya agar tak ada lonjakan kenaikan gula darah.

Lantas, seperti apa menu sarapan yang tepat? Dilansir dari laman Healthline melalui sindikasi konten Suara.com, berikut rekomendasi menu sarapan bagi penderita diabetes.

1. Telur

Murah, mudah didapatkan, dan dapat diolah dengan berbagai cara, sepertinya merupakan gambaran yang tepat untuk telur. Terlebih, makanan satu ini juga aman untuk menu sarapan penderita diabetes.

Sebutir telur bisa mengandung hingga 70 kalori dan 6 gram protein dengan hanya 1 gram karbohidrat. Seorang penderita diabetes bisa makan hingga tujuh butir telur per minggunya.

2. Puding chia seed

Chia seed merupakan salah satu bahan tambahan yang cocok diberikan pada menu sarapan penderita diabetes. Sebab, biji-bijian satu ini kaya akan serat, asam lemak omega-3 dan rendah karbohidrat.

Sera larut dalam chia seed juga dapat membantu menurunkan kadar gula darah dengan memperlambat kecepatan makanan bergerak melalui usus yang diserap aliran darah.

3. Oatmeal

Meskipun memiliki jumlah karbohidrat yang relatif lebih besar, oatmeal bisa menjadi pilihan makanan yang baik bagi penderita diabetes. Sebab, kandungan serat di dalamnya akan membantu menurunkan kadar gula darah. Selain itu, jenis serat beta-glukan dalam oatmeal dapat membuat kamu kenyang lebih lama.

4. Smoothie

Sebelum membuat smoothie untuk menu sarapan, pastikan kamu tak menambahkan terlalu banyak gula atau pemanis lainnya.

Saran pembuatan smoothie untuk pengidap diabetes adalah 1/2 buah alpukat, 1/2 cangkir susu almond, 1/2 cangkir yoghurt rendah lemak, dan ekstrak vanila. Jika ingin menambahkan gula, usahakan itu merupakan gula stevia ya Moms.

5. Keju cottage

Jika kamu pecinta keju, pilihlah keju cottage jika ingin menambahkannya pada setiap sajian yang kamu buat. Salah satu menu keju cottage yang banyak disukai adalah keju cottage dengan potongan buah dan kacang-kacangan.

Kamu bisa menyajikannya secara utuh atau menghaluskannya. Keju cottage juga dapat kamu masukkan ke bahan lain misalnya roti gandum.

6. Roti bakar multigrain dengan selai kacang

Perpaduan roti multigrain dengan selai kacang merupakan ide sarapan yang paling mudah dan sering digunakan. Meskipun sedikit lebih mahal dengan roti pada umumnya, roti multigrain juga memiliki nutrisi yang lebih tinggi dan aman untuk penderita diabetes.

Selain itu, lemak sehat di dalam kacang juga bagus untuk memperlambat pelepasan gula ke dalam darah lho Moms.

7. Tahu

Menu sarapan untuk penderita diabetes selanjutnya adalah tahu. Sebab, bahan makanan satu ini memiliki banyak protein dan lemak tetapi rendah karbohidrat.

Salah satu menu tahu yang bisa kamu coba adalah tahu scramble. Cara membuatnya, cukup hancurkan tahu menjadi potongan kecil-kecil, lalu masak dengan sedikit minyak zaitun serta bumbu tambahan lain seperti garam, merica, hingga kunyit bubuk.

Artikel Pilihan