Menu

Selain Minum Kopi, 9 Cara Mudah Menghilangkan Rasa Kantuk saat Bekerja di Siang Hari, Bye-bye Ngantuk!

13 Desember 2022 13:05 WIB

Ilustrasi ibu bekerja mengantuk (LiveSavvy/Edited by HerStory)

HerStory, Bekasi —

Rasa kantuk bisa melanda kapan saja, termasuk saat bekerja. Rasa kantuk yang tiba-tiba datang di siang hari tentu bisa membuat produktivitas menurun dan gak fokus bekerja.

Rasa kantuk bisa terjadi karena berbagai hal, seperti suhu udara, usai makan, dan rasa bosan akibat terlalu lama bekerja di depan layar.

Berbagai cara pun dapat dilakukan untuk menghilangkan rasa kantuk. Melansir dari laman Healthline via sindikasi Suara.com, berikut beberapa hal yang dapat menghilangkan rasa kantuk.

1. Konsumsi Minuman Mengandung Kafein

Kafein mengandung stimulan yang dapat meningkatkan aktivitas pada otak dan sistem saraf. Biasanya, kafein terdapat dalam kopi maupun teh.

Mengonsumsi minuman yang mengandung kafein akan memberikan energi yang dapat melawan rasa kantuk sehingga kembali fokus dengan apa yang sedang dikerjakan.

Meski demikian, konsumsi kafein gak boleh berlebih. Pasalnya, terlalu banyak kafein juga dapat menimbulkan rasa gelisah yang ikut memengaruhi produktivitas.

2. Tidur Sejenak

Terkadang rasa kantuk tersebut benar-benar sulit untuk dihindari meskipun telah melakukan berbagai hal. Jika mengalami seperti ini, coba untuk tidur sekitar 15-30 menit. Tidur dalam waktu singkat dapat membantu menghilangkan rasa kantuk.

Walaupun tidur yang dilakukan tidak lama, hal tersebut tetap akan membuat mata beristirahat sejenak. Dengan begitu, mata akan menjadi lebih segar dari sebelumnya.

3. Coba Jalan-jalan Kecil

Menatap layar terlalu lama akan membuat mata menjadi lelah sehingga timbul rasa kantuk tak tertahankan. Untuk mengatasinya, coba bangkit dan berjalan-jalan ringan sebentar. Hal tersebut akan membuat darah mengalir ke seluruh tubuh sehingga rasa kantuk menghilang.

4. Dengarkan Lagu Up Beat

Mendengarkan musik sebenarnya bisa menjadi penyebab munculnya rasa kantuk. Apalagi jika musik yang diputar yaitu lagu ballad. Namun, dengan mendengar musik up beat dapat membantu menghilangkan rasa kantuk. Semakin kencang musik yang masuk ke telinga, akan membuat rasa kantuk menjadi hilang.

5. Makan Camilan

Makan camilan rupanya membuat tubuh tetap aktif melakukan sesuatu. Hal tersebut dapat membuat rasa kantuk yang muncul teralihkan. Namun, makanan yang dikonsumsi juga harus diperhatikan.

Hal ini karena terdapat beberapa makanan yang mengandung gula sehingga muncul rasa kantuk seperti camilan manis, soda, atau yang mengandung karbohidrat.

6. Buat Area Kerja yang Cerah dan Menarik

Area kerja yang gelap dan tidak menarik akan membuat pemandangan mata menjadi bosan sehingga membuat seseorang mudah mengantuk.

Namun, dengan membuat area kerja menjadi lebih cerah dan menarik akan membantu menghilangkan rasa kantuk yang muncul.

Hal ini karena area kerja tersebut memengaruhi suasana hatinya. Untuk itu, sangat penting mengatur sedemikian rupa agar area kerja menjadi menarik.

7. Cuci Muka

Salah satu cara menghilangkan rasa kantuk yaitu mencuci muka. Pergilah ke kamar mandi untuk mencuci muka atau memercikan air ke wajah. Hal tersebut dapat membantu membuat menghilangkan rasa kantuk yang muncul.

8. Cobalah Nyalakan Kipas Angin yang Kencang

Terkadang kipas angin menjadi faktor seseorang mengantuk. Namun, coba nyalakan kipas angin dengan kencang. Angin yang kencang nyatanya dapat membantu membuat mata menjadi lebih segar.

9. Tetap Sibuk

Rasa kantuk dapat diatasi dengan membuat diri tetap sibuk dengan apa yang sedang dikerjakan. Untuk itu, saat rasa kantuk muncul, coba buat diri tetap sibuk. Dengan begitu, rasa kantuk akan teralihkan dengan apa yang sedang dikerjakan.

Itu dia beberapa cara yang bisa dicoba. Semoga bermanfaat!

Artikel Pilihan