Menu

5 Fakta tentang Iis Rosita Dewi, Anggota DPR Komisi V dan Pembina Senam

26 November 2020 13:30 WIB

Iis Rosita Dewi (Instagram/iisedhyprabowo)

HerStory, Jakarta —

Iis Rosita Dewi ikut terseret kasus suap benih lobster yang dikepalai oleh suaminya sendiri, Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo. Keduanya ditangkap bersama dengan beberapa kerabat di Bandara Soekarno-Hatta sepulangnya dari Honolulu, Amerika Serikat pada Rabu dini hari (25/11/20).

Ibu dari tiga anak ini adalah seorang anggota komisi V DPR yang membidangi infrastruktur dan perhubungan dari Fraksi Gerindra. KPK mengaku belum menemukan keterlibatan Iis dalam kasus dugaan suap ekspor benih lobster. Tetapi keberadannya di Honolulu dan kabar tentang sejumlah barang mewah yang mereka beli di Hawaii masih diselidiki.

Berikut ini fakta-fakta tentang Iis Rosita Dewi selaku anggota DPR dapil Jawa Barat dan aktivis wanita.

1. Suka Senam

Iis Rosita Dewi adalah seorang instruktur senam di Baleendah, Bandung, Jawa Barat. Sebagai pembina senam, ia sangat gesit dan percaya diri untuk memimpin senam ibu-ibu yang menamai kegiatan senam mereka dengan nama Geboy. 

Ia sering menkampanyekann hidup sehat lewat akun Instagramnya. 

2. Aktivis Wanita

Istri dari Menteri Kelautan dan Perikanan ini sangat aktif dalam acara sosial. Ia tergabung dengan Perempuan Indonesia Raya (PIRA) daerah Jawa Barat sebagai pembina.

Keaktifannya dalam kegiatan sosial sering ia unggah pada media sosial dan dapat dukungan dari masyarakat.

Enggak cuma kegiatan sosial, ia juga aktif dalam kegiatan sadar lingkungan seperti foto di bawah ini ketika ia ikut gerakan Gerindra menanam bibit pohon di daerah Bandung Barat.

3. Punya Harta Kekayaan Rp7.1 juta

Sebagai salah satu pejabat negara, Iis Rosita Dewi juga melaporkan harta kekayaannya kepada negara. Harta kekayaannya yang meliputi berbagai bidang seperti, tanah, bangunan dan kendaraan ini mencapai total Rp7.171.286.613.

4. Karier

Iis memulai kariernya sebelum menjadi anggota DPR, dari berkecimpung di berbagai organisasi.

Menjabat sebagai Ketua RINDRA DPR RI (2018), Pembina PIRA JABAR (2017), Ketua Komunitas Mojang Priangan (2017), anggota PIRA DPR-RI (2014 - 2018), Sekretaris PIRA DPR-RI (2010 - 2014) dan menjadi Anggota DPR komisi V Fraksi Gerindra sejak 2019.

5. Suka Jalan-jalan

Kabarnya, anggota DPR suka jalan-jalan.

Terlihat dari beberapa unggahan dalam Instagramnya, ia kerap kali menunggah potrer dengan pemandangan di berbagai daerah yang berbeda, seperti Pantai Likupang di Sulawesi Utara, Pasir Putih Lombok. Juga beberapa foto di perbukitan dan danau. 

Baru-baru ini Iis Rosita Dewi dan suaminya juga habis melakukan perjalanan ke Hawaii, Amerika Serikat.

Share Artikel:

Oleh: Diffa Nur Zahra