Menu

Gak Bikin Iritasi, Ini Scrub Wajah Alami yang Bisa Kamu Coba di Rumah! Sudah Murah, Bikin Glowing Pulak! Yakin Gak Mau?

14 Desember 2022 12:50 WIB

Ilustrasi face scrub. (Pinterest/simplepurebeauty.com)

HerStory, Jakarta —

Siapa sih yang gak ingin tampil cantik? Pastinya banyak orang ingin menjadi cantik dan percaya diri ketika menjalani kehidupan.

Demi memiliki paras yang cantik, salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengunjungi dokter kecantikan dan menerima perawatan atau bedah yang bisa membuat wajahmu berubah.

Namun, jika kamu ingin berhemat dan memiliki waktu luang lebih banyak. Alangkah baiknya, jika melakukan perawatan secara alami di rumah. Berikut ini sudah beberapa jenis scrub wajah yang dapat dibuat menggunakan bahan alami

1. Madu dan Oatmeal 

Dilansir dari Halodoc, salah satu bahan alami untuk membuat scrub wajah adalah madu dan oatmeal. Kandungan madu memberikan banyak manfaat, seperti kulit menjadi lebih lembab, mengangkat sel kulit mati.

Sehingga wajah akan tampak terasa segar dan sel kulit baru pun beregenerasi. Oatmeal juga memiliki manfaat sebagai kandungan senyawa anti radang untuk menenangkan masalah kulit pada wajah. Adapun cara membuat scrub madu dan oatmeal, antara lain:

Haluskan oatmeal menggunakan food processor. Sediakan dua sendok makan madu. Kemudian campur kedua bahan tersebut, lalu aduk hingga rata.

Oleskan pada wajah. Diamkan kurang lebih selama 20-30 menit dan setelah bilas dengan air hingga bersih.

2. Bubuk Kopi 

Siapa yang tak kenal dengan bahan yang satu ini? Kopi bisa ditemukan dengan mudah dalam kehidupan sehari-hari. Kopi menjadi bahan selanjutnya yang bisa digunakan untuk scrub pada wajah.

Dikutip dari Hello Sehat, kandungan kafein dalam kopi sangat berguna untuk menghancurkan lemak yang berada di bawah permukaan kulit.  Adapun cara membuat scrub dari bubuk kopi adalah sebagai berikut:

Gunakanlah ampas kopi yang sudah tak diminum, lalu ambil bubuk tersebut sekitar dua genggaman. Berilah sedikit air, kemudian aduk hingga membentuk seperti pasta.

Oleskan pada wajah secara rata. Biarkan bubuk kopi tersebut mengering selama 30 menit. Bilas dengan air hingga bersih.

3. Minyak Zaitun 

Dilansir dari Alodokter, semua orang tahu bahwa minyak zaitun memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Bahkan, terkadang minyak zaitun digunakan sebagai bahan dalam kosmetik, seperti masker wajah dan lotion. 

Ternyata minyak zaitun bisa menjadi scrub untuk wajah yang memiliki tipe kulit kering. Ini karena zaitun memiliki peran untuk menjaga kelembaban kulit. Cara membuat scrub dari minyak zaitun, antara lain:

Tuangkan minyak zaitun ke dalam mangkok. Bisa diberikan sedikit gula, lalu aduk hingga rata.

Kemudian oleskan pada wajah secara merata. Biarkan meresap sekitar kurang lebih 10 menit. Bilas dengan air hangat hingga bersih.

Itu saja beberapa scrub alami yang cocok membasmi jerawat dan kulit kusam. Kamu bisa mencoba scrub ini di rumah karena bahannya mudah didapatkan.

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.