Menu

Terungkap! Ternyata Ini Alasan Mengapa Kenangan Buruk Sulit Dilupakan

26 November 2020 20:15 WIB

ilustrasi wanita mengalami pelecehan seksual (Ultimagz/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Kehidupan yang berjalan dan dilalui oleh setiap orang tentu tak melulu akan berada pada sebuah kebahagian serta kesenangan. Dan kita tentu tak dapat mempungkiri jika ada suatu masa di dalam kehidupan akan terjadi berbagai hal yang pait dan menyedihkan. 

Hal pait dan menyedihkan yang terjadi pun ada yang sifatnya ringan, sedang hingga berat yang bahkan bisa berdampak pada trauma psikis berkepanjangan.  

Tak sedikit dari mereka yang mengalami hal tersebut dan sulit untuk melepaskannya. Sehingga, membutuhkan berbagai macam cara melupakan hal pait dan menyedihkan tersebut.

Lalu, sebenarnya alasan apa yang membuat kenangan buruk yang terjadi di dalam kehidupan tersebut sangat sulit dilupakan ? 

Melansir dari berbagai sumber, simak ulasannya berikut ini.

Faktor Lingkungan 

Seseorang yang sulit melupakan masa lalunya yang buruk juga dipengaruhi oleh lingkungan dan orang-orang disekitar, apalagi jika lingkungan tersebut tak mendukung. Sehingga, bukannya trauma akan kenangan masa lalu memudar, justru kenagan buruk tersebut akan semakin membekas dan bisa membuat penderita membenci dirinya.

Membekas di hati

Enggak hanya faktor lingkungan, kenangan buruk yang sulit dilupakan juga bisa terjadi karena faktor diri sendiri. Seperti, ketika seseorang terus menerus memikirkan kenangan buruk tersebut yang kemudian menjadi sangat membekas di lubuk hati yang paling dalam. 

Namun, kita tak bisa meemungkiri meskipun sudah lewat hingga puluhan tahun lamanya, melupakan memang gak semudah yang dibayangkan. 

Bekas dari kenangan buruk bisa memperkuat memori seseorang dalam mengenang masa lalu. Hal itulah yang membuat kenangan buruk sulit dilupakan dan juga mudah diingat oleh diri kita sendiri. 

Menjadi trauma  

Kenangan buruk bisa menimbulkan trauma yang bahkan bisa kamu alami hingga bertahun-tahun lamanya. Trauma inilah yang membuat seseorang sulit melupakan kenangan buruk tersebut.