Menu

Sulit Tidur Nyenyak? Waspada, Bisa Jadi Tanda 3 Jenis Gangguan Tidur Ini!

27 November 2020 21:15 WIB

Ilustrasi wanita menutup telinga dengan bantal saat sedang berbaring di atas kasur. (pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Tidur merupakan salah satu aktivitas penting untuk kesehatan tubuh. Tidur sangat berguna untuk mengistirahatkan tubuh dari berbagai aktivitas padat yang telah dilakukan seharian. 

Sayangnya, enggak semua orang bisa mendapatkan waktu tidur yang baik atau dapat tidur dengan nyenyak. Salah satu penyebabnya yaitu karena mengalami gangguan tidur. 

Nah, kira-kira kamu sudah tahu belum nih apa saja jenis-jenis gangguan tidur?

Kalau belum, Yuk simak penjelasan berikut.

Sleep apnea 

Slep apnea terjadi ketika aliran udara terhenti saat tidur karena jalan napas terhalang atau terlalu sempit. Kondisi ini seringkali terjadi karena adanya gangguan antara otak dan otot yang mengontol napas. Hal tersebutlah yang menyebabkan tidur seseorang menjadi enggak nyaman.

Sindrom kaki gelisah 

Gangguan tidur satu ini terjadi ketika keinginan menggerakan kaki selama tidur tak bisa tertahankan. Biasanya, kondisi ini terjadi bersama dengan sensasi kesemutan di kaki. Sindrom ini juga sering dikaitkan dengan kondisi kesehatan tertentu, seperti ADHD dan penyakit parkinson.

Insomnia

Untuk gangguan tidur yang satu ini, seperti memang banyak dialami oleh beberapa orang. 

Insomnia membuat seseorang sulit untuk tidur atau seringkali terbangun saat tidur. Biasanya, kondisi ini terjadi karena stres, kecemasan, gangguan hormon, atau masalah pencernaan. 

Semoga bermanfaat!