Menu

Luncurkan E-commerce Ramah Lingkungan, Yayasan WWF Dukung Produk Lokal Karya UMKM

20 Desember 2022 10:00 WIB

Peluncuran WWF Offial Store. (Tasha Rainita/HerStory)

HerStory, Jakarta —

Yayasan WWF Indonesia secara resmi meluncurkan toko berbasis digital atau e-commerce yang dijalankan oleh PT Panda Lestari. Toko ini disebut akan banyak menyediakan produk-produk yang ramah lingkungan.

"Kita akan banyak menampilkan produk-produk yang tentu saja ramah lingkungan dan juga produk-produk yang mempunyai nilai ataupun story. Karena kalau kita lihat di sini banyak produk (ramah lingkungan) dan juga (produk hasil) upskilling yang berasal dari teman-teman yang menjadi dampingan WWF Indonesia selama ini," tutur Aditya Bayunanda selaku CEO Yayasan WWF Indonesia dalam acara peluncuran pada Senin (19/12/2022).

Menurut Aditya Bayunanda, toko WWF berbasis digital ini diluncurkan dengan banyak tujuan, mulai dari mendukung UMKM hingga mendukung program konservasi lewat donasi hasil penjualan.

Mengusung tagar #ethicliving dan #ethicalchoice, setiap produk yang tersedia pada WWF Official Store tersemat cerita menarik sebagai edukasi bagi konsumen untuk membuka wawasan serta diharapkan dapat meningkatkan partisipasi masyarakat luas. 

Berbagai produk yang dijual pada shop.wwf.id, di antaranya madu hutan yang berasal dari berbagai daerah terpencil, beras ungu dari Sumedang, kopi srikandi yang diproduksi oleh kelompok perempuan petani kopi dari Desa Ulubelu, Lampung Selatan, serta minyak kayu putih asal Maluku dan Merauke. 

Yayasan WWF Indonesia juga berkomitmen untuk mengurangi sampah dan semua produk yang dijual sudah ramah lingkungan.

"Toko ramah lingkungan ini bukan hanya dari produk-produknya saja, tapi ramah lingkungan sudah menjadi satu keharusan bagi kami. WWF Official Store berkomitmen untuk mengurangi sampah, kemasannya enggak menggunakan plastik, dan pemasok dipastikan sejalan dengan nilai pelestarian yang dicanangkan WWF," jelas Rina Aryanti selaku Direktur PT Panda Lestari.

Selain itu, WWF Official Store memberikan berbagai kemudahan maupun reward yang di khususkan untuk para supporter. Salah satu bentuknya adalah pemberian diskon mulai dari 5% - 20% disamping program loyalty lainnya yang dirancang khusus bagi Supporter WWF-Indonesia.   

“Dengan membeli produk di WWF Official Store, sebagian hasil penjualan akan diserahkan kepada Yayasan WWF Indonesia untuk mendukung program konservasi. Oleh karena itu, setiap rupiah yang dibelanjakan akan sangat membantu upaya pelestarian sumber daya alam yang dilakukan Yayasan WWF di Indonesia”, ungkap Rina.

WWF Official Store turut menggandeng dan berkolaborasi dengan Muchtar Lovi seorang designer dan juga pelaku UMKM. Hasil karyanya banyak memanfaatkan limbah industri garmen yang diolah menjadi produk-produk layak guna. 

Enggak bekerja sendiri, Muchtar juga turut memberdayakan ibu-ibu penjahit di area sekitar rumahnya untuk memproduksi berbagai produk. Hasil produk tersebut juga tersedia di shop.wwf.id. 

“Saya memiliki visi dan misi yang sejalan dengan WWF-Indonesia. Komitmen saya adalah dapat menghasilkan karya seni atau produk layak guna dari sisa limbah garmen. Tujuannya untuk memanfaatkan limbah kain menjadi suatu produk yang layak untuk digunakan namun turut mengurangi sampah," tutupnya.

Artikel Pilihan