Menu

Gak Cuma Mabuk Kepayang, Ini 5 Hal Baik yang Terjadi saat Berciuman, Bisa Bikin Bahagia!

22 Desember 2022 21:20 WIB

Pria dan wanita sedang melempar senyum satu sama lain. (Unsplash/Vince Fleming)

HerStory, Bekasi —

Enggak hanya menyenangkan, berciuman juga membawa banyak hal baik bagi tubuh dan hubungan. Berciuman dapat menghadirkan sensasi yang dapat meningkatkan hormon bahagia, serta dapat membuat seseorang lebih bahagia.

Penasaran dengan manfaat lainnya? Menghimpun dari berbagai sumber, berikut ini manfaat kesehatan yang didapatkan dari berciuman.

1. Menjaga kesehatan gigi

Dr. Sivian Finkel seorang ahli Estetik dan Dentistry dari Amerika mengatakan bahwa air liur yang diproduksi dari hasil berciuman dapat menyehatkan gigi lho. Pasalnya, air liur dapat memperlambat keasaman pada area mulut sehingga gigi tetap terjaga kesehatannya. Namun, kamu dan pasangan juga harus selalu menjaga kesehatan mulut ya!

2. Meningkatkan sistem imun

Berciuman mengakibatkan pertukaran air liur pada seseorang, hal ini ternyata membuat tubuh menghasilkan antibodi yang kemudian berubah menjadi imun dan mencegah penyakit.

3. Menurunkan tekanan darah

Salah satu penulis buku terkenal, Andrea Demirjian mengatakan bahwa ketika berciuman detak jantung meningkat yang membantu merendahkan tekanan darah. Selain itu, dengan berciuman dapat mengurangi kortisol yaitu hormon yang berkaitan dengan berat badan, kolesterol tinggi serta tekanan darah tinggi.

4. Otot wajah lebih kencang

Ketika berciuman lebih dari 30 otot wajah dan 112 otot postural ikut aktif terlibat. Nah, karena hal itu membuat otot wajah dan rahang mengencang dan meningkatkan sirkulasi pada wajah. Sehingga dapat membantu menghilangkan garis halus dan keriput di wajah kamu.

5. Meredakan stres

Menurut Chief of Advice di EHarmony, Jeannie Assimos mengatakan bahwa obat stres yang paling mudah didapatkan adalah berciuman. Selain itu, dalam studi disebutkan bahwa pasangan yang sering berciuman memiliki tingkat stres yang rendah, kolesterol yang lebih sedikit serta hubungan yang lebih bahagia.

Itulah sederet manfaat ciuman untuk kesehatan. 

Artikel Pilihan