Menu

Dukung Petumbuhan Emosional Anak, Zwitsal Ajak Orang Tua Ciptakan Momen Bonding dengan Si Kecil

23 Desember 2022 10:00 WIB

Festival Zwitsal #MomenBondingBermakna. (Tasha Rainita/HerStory)

HerStory, Jakarta —

Dalam rangka memperingati 50 tahun hadirnya di Indonesia, Zwitsal meluncurkan kampanye #MomenBondingBermakna untuk mendampingi para orang tua menciptakan momen-momen kebersamaan yang bermakna bersama anak.

"Zwitsal ingin terus mendampingi orang tua, khususnya new parents, dalam menghadapi tantangan demi tantangan yang mereka hadapi dalam menjalankan peran baru mereka, terlebih di era modern seperti sekarang yang semakin tak terpisahkan dari media sosial," ungkap Mahnessa Siregar, Head of Deodorant and Baby Care Unilever Indonesia pada Kamis (22/12/2022).

Momen bonding antara orang tua dan anak akan berpengaruh pada pertumbuhan emosional si kecil di  masa depan. Jadi, Moms harus benar-benar menciptakan momen bonding yang bermakna.

Menurut studi dari Priory Group, ada 40i 1.000 orang tua menganggap gambaran ideal mengenai parenting yang tersebar di media sosial telah memicu kecemasan mereka. Di tengah fenomena ini, tekanan sebagai orang tua ternyata lebih banyak dirasakan oleh para ibu. 

"Keinginan untuk menjadi sosok yang sempurna dapat menimbulkan beragam dampak negatif seperti mudah cemas, rentan terhadap stres bahkan depresi, selalu merasa ’kurang‘ dalam menjalankan peran sebagai ibu, hingga terjebak dalam mompetition atau mom shaming, yang ternyata dialami oleh 88% ibu millennials dan Gen-Z di Indonesia," ujar Samanta Elsener, M.Psi, Psikolog Anak dan Keluarga.

Menyikapi hal tersebut, penting bagi orang tua untuk melepaskan diri dari tekanan lingkungan sekitar dan meyakini bahwa sebenarnya hal terpenting dari perjalanan sebagai orang tua adalah membangun ikatan emosional yang erat dengan anak mereka, yang dapat diciptakan melalui momen-momen bonding yang bermakna.

Melalui kampanye #MomenBondingBermakna, Zwitsal memfasilitasi para orang tua dengan berbagai kegiatan online maupun offline yang menginspirasi. 

Salah satunya video tentang 3 sosok orang tua yang menghadapi tantangan tersendiri dalam berupaya menjadi sosok yang ‘sempurna’ bagi anak mereka. 

Diharapkan tayangan ini mampu menggugah para orang tua agar terus mengekplorasi cara dan kesempatan untuk menciptakan momen-momen bonding yang bermakna, sesuai dengan kebutuhan dan aspirasi keluarga mereka.

Zwitsal memahami bahwa salah satu bentuk momen bonding paling efektif adalah melalui skin to skin contact yang dapat memberikan rasa aman dan nyaman. 

“Kedepannya, kampanye #MomenBondingBermakna akan terus hadir melalui rangkaian signature activities dari Zwitsal seperti kelas-kelas Baby Spa dan talkshow 1.000 HPK Zwitsal dengan para ahli dan praktisi kesehatan yang diadakan secara berkala. Harapannya, kampanye ini dapat mengedukasi lebih banyak orang tua Indonesia untuk menciptakan momen-momen bonding yang bermakna bersama Si Kecil, tentunya ditemani kelembutan dan keharuman Zwitsal,” tutup Nessa.