Menu

Jangan Abai! Ini Alasan Kenapa Calon Pengantin Harus Periksa Penyakit Genetik dengan Pasangan, Oh Ternyata...

23 Desember 2022 13:30 WIB

Pasangan berpelukan. (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Drh. Safarina G. Malik, seorang Ahli Genomik Molekular membeberkan alasan mengapa sangat penting bagi pasangan yang ingin menikah untuk mengecek kondisi kesehatan mereka untuk mengetahui kelainan genetiknya.

Safarina mengatakan hal itu dimaksudkan untuk mengetahui risiko diturunkannya penyakit atau kelainan tersebut pada anak. 

"Disarankan supaya pre-marital screening supaya nanti bisa ketahuan apakah ada risiko," kata Safarina, dilansir dari Antara, Jumat (23/12/2022).

Menurut Safarina, salah satu penyakit keturunan atau kelainan genetik yang paling banyak terjadi di Indonesia adalah talasemia. 

Talasemia ialah kelainan darah yang ditandai dengan kurangnya hemoglobin dan jumlah sel darah merah dalam tubuh. 

Jika kedua orang tua membawa sifat talasemia, kata Safarina, akan lahir anak dengan talasemia mayor. 

Oleh karena itu, kelahiran anak dengan talasemia mayor dapat dihindari dengan mencegah perkawinan dua orang pembawa sifat talasemia. 

Sementara itu, Ahli Genomik Molekuler Prof. dr. Herawati Sudoyo, M.Sc., Ph.D menambahkan bahwa pemeriksaan kelainan genetik terkait talasemia tak hanya perlu dilakukan oleh pasangan sebelum menikah.

Menurutnya, jika orang tua sudah pernah melahirkan anak dengan talasemia, anaknya yang lain juga harus melakukan pemeriksaan. 

"Jadi pasangan sebelum menikah dan pasangan yang telah punya anak talasemia dengan gejala klinik yang tinggi, ketika punya anak lagi periksa keadaan anak tersebut. Apakah mengalami mutasi berat atau tidak," ujar Herawati. 

Pemeriksaan itu dinilai penting sebab jika memang anak mengalami talasemia, dapat dilakukan upaya-upaya untuk mencegah perburukan atau komplikasi dari penyakit tersebut.