Menu

Kamu Sedang Berduka? Yuk, Simak Tips Ini Agar Sedihmu Tidak Berlarut!

01 Desember 2020 20:30 WIB

Ilustrasi wanita yang sedang menangis.(Shutterstock/Edited by HerStory)

HerStory, Bogor —

Kehilangan seseorang yang kita sayangi untuk selamanya memang sangat menyedihkan, bahkan bisa membuat kita yang ditinggalkannya merasa down dan sangat kesepian, terlebih jika ditinggal oleh keluarga dekat, rasanya dunia seperti berhenti berputar. 

Namun pada kenyataannya hidup terus berjalan dan kita harus bangkit dari kesedihan. Dilansir dari verywellhealth.com (1/12/2020), berikut adalah tips agar kita lebih legowo dan bisa bangkit dari kesedihan jika ditinggal oleh seseorang yang penting dalam hidup kita untuk selamanya. 

1. Temukan dan terima dukungan 

Mungkin kamu akan merasakan kesulitan jika menjalankannya sendiri, kamu butuh dukungan dari orang-orang terdekatmu. Hubungi anggota keuarga, sanak saudara, atau sahabat yang kamu percaya bisa memberikan dukungan terhadapmu. Jika kamu merasa belum membaik, kamu bisa meminta bantuan dari tenaga profesional seperti psikolog. 

2. Ekspresikan kesedihanmu 

Memendam rasa sedih rasanya memang nggak nyaman banget, cara yang paling pas untuk mengekspresikan kesedihan adalah melepaskannya. Menangis lah jika kamu ingin menangis dan berteriak lah jika kamu ingin teriak. Kamu juga bisa menumpahkan kesedihan kamu ke dalam sebuah karya, seperti menulis puisi, jurnal, atau bahkan lirik lagu. 

3. Sibukan diri dengan kegiatan positif 

Untuk mengalihkan rasa sedih, kamu bisa menyibukan diri dengan menyelesaikan pekerjaan kantor, pekerjaan rumah tangga, bermain dengan anak, atau bahkan mengikuti komunitas yang kamu senangi. Curahkan seluruh energimu untuk kegiatan positif dan bermanfaat sehingga tidak ada waktu untuk kamu bersedih. 

4. Bersenang-senang 

Mungkin banyak orang berpikir, ketika sedang berduka diri ini nggak boleh bersenang-senang. Namun pada kenyataannya life must go on sayang. Kamu nggak bisa terus berlarut dalam kesedihan, tentukan batas kesedihanmu dan selanjutnya bersenang-senanglah. Tidak harus mewah, kamu bisa bersenang-senang dengan cara bermain bersama hewan peliharaan, anak-anak, atau bahkan sekedar kongkow dengan geng cantikmu. 

Ekspresikan sedihmu dan bersenang-senanglah, karena dunia terus berputar dan kamu harus terus menjadi lebih baik! 

Artikel Pilihan