Menu

5 Makanan Khas Nusantara yang Jadi Hidangan Wajib di Malam Natal, Favoritmu yang Mana Nih?

23 Desember 2022 17:20 WIB

Babi Kecap (Sumber/iStock)

HerStory, Jakarta —

Beauty, perayaan natal sudah di depan mata, nih! Malam natal tentunya akan semakin hangat dengan sajian makanan spesial yang dapat menggugah selera, bukan?

Indonesia sendiri kaya akan keberagaman makanan yang cocok menemani momen spesial seperti natal. Kira-kira menu apa yang pas untuk natal, ya?

Berikut HerStory rangkum hidadang wajib khas nusantara yang wajib kamu cobain di malam natal. Yuk, cari tahu selengkapnya siapa tahu ada makanan kesukaan kamu, Beauty!

Babi Panggang Karo

Makanan yang berasal dari Sumatera Utara ini menjadi salah satu hidangan wajib saat natal. Menu ini merupakan olahan babi yang dipanggang sehingga memberikan sensasi renyah pada bagian kulit dan juicy di dalam.

Ikan Arsik

Masih berasal dari Sumatera Utara ikan arsik juga menjadi pilihan yang menggiurkan untuk disajikan saat kumpul bersama keluarga di momen natal. Biasanya menu ini menggunakan ikan mas yang diolah dengan bumbu asam patikala. Jangan lupa sajikan sambal untuk menambah sensasi pedas dan nikmat saat menyantapnya, ya!

Selat Solo

Menu ini merupakan khas Jawa tepatnya di Solo. Makanan ini dibuat dengan cara merebus daging sapi menggunakan kuah yang dicampur dengan bawang putih, cuka, kecap manis, larutan pala dan merica. Saat disajikan, Selat Solo biasanya dilengkapi dengan telur, wortel, mentimun, kentang, tomat, dan sayuran lainnya.

Ayam Kodok

Eits, bukan berarti menu yang satu ini terbuat dari kodok, ya. Ayam Kodok merupakan masakan menggunakan bahan utama ayam utuh yang isi jeroannya dikeluarkan dan digantikan dengan daging sapi. Setelah diolah dan diberi bumbu, ayam ini kemudian disajikan di atas nampan besar. Tampilannya sangat menggugah selera, lho!

Klapertart

Nah, dessert yang satu ini berasal dari Manado, Beauty. Kue manis ini terbuat dari kelapa, tepung, susu, dan mentega. Gak cuma populer di Manado, banyak masyarakat yang menyajikan Klapertart saat natal di berbagai penjuru Indonesia.

Nah, itu dia beberapa makanan khas nusantara yang wajib disajikan saat natal. Ada hidangan favoritmu, gak?