Menu

18 Tahun Derita Diabetes, Suti Karno 'Si Atun' Putuskan Amputasi Kaki Atas Keinginan Sendiri, Minta Ampun ke Allah: Ciptaan-Nya Saya Rusak

26 Desember 2022 13:30 WIB

Suti Karno alias Mpok Atun 'Si Doel Anak Sekolahan' (YouTube/Deddy Corbuzier)

HerStory, Jakarta —

Kabar terbaru aktris lawas Suti Karno belakangan tengah menjadi sorotan. Pemeran Atun dalam serial Si Doel Anak Sekolahan baru-baru ini berbagi tentang kondisinya setelah mengamputasi kakinya.

Suti Karno mengamputasi kakinya atas keputusan sendiri setelah 18 tahun lamanya mengidap sakit Diabetes. Adik Rano Karno itu melakukan prosedur amputasi kaki sekira dua bulan lalu.

"Dua bulan lalu saya diamputasi kaki saya, saya belum bisa beraktivitas normal," kata Suti Karno dikutip dari tayangan Rumpi Trans TV, Senin (26/12/2022).

Suti Karno memutuskan demikian lantaran pembuluh darahnya rusak akibat tingging kadar gula di dalam tubuh.

"Itu keputusan saya, bukan keputusan dokter, karena merambat luka saya, karena pembuluh darah saya sudah rusak bagian atas," jelas Suti Karno.

"Saya bilang, 'dok, kenapa enggak potong aja dah, gitu'," sambungnya.

Sebelum memutuskan untuk melakuakn prosedur amputasi pada kakinya, Suti Karno mengaku menyiapkan mental lebih dulu. Bahkan, ia meminta maaf kepada Tuhan lantaran yak bisa menjaga apa yang sudah diberikan.

Yang pasti saya minta ampun sama Allah, karena ciptaannya saya rusak. Saya kurang mencintai diri saya. Mencintai orang mulu," terangnya.

Kini, Suti Karno masih dalam masa pemulihan usai melakukan amputasi pada kakinya. Bila mana sudah membaik, Suti Karno berencana untuk memakai kaki sambung.

18 tahun sudah Suti Karno menderita sakit Diabetes lantaran pola hidup yang tidak sehat. Suti Karno mengakui bila dirinya lebih suka minum minuman manis ketimbang air mineral.

Share Artikel:

Oleh: Witri Nasuha

Artikel Pilihan