Menu

Meski Belum Bisa Ngunyah, Ini Lho Moms 4 Makanan yang Wajib Banget Dikonsumsi Bayi! Nomor 2 Sudah Rahasia Turun Temurun!

28 Desember 2022 12:35 WIB

Ilustrasi Anak Makan MPASI (Shutterstock/Edited By HerStory)

HerStory, Jakarta —

Untuk beberapa anak yang sudah mulai beranjak dewasa, mungkin pola makannya sudah bisa lebih bebas dibandingkan anak bayi yang harus diperhatikan pola makan dan asupannya.

Hal itu karena tak semua makanan boleh diberikan kepada bayi. Terkait hal tersebut, ada sejumlah makanan yang penting dikonsumsi oleh buah hati kamu yang masih bayi, Moms. Apa saja? Yuk simak! 

1. Jus apel

Makanan pertama yang penting diberikan kepada bayi adalah apel. Buah yang satu ini bisa diberikan kepada bayi dengan cara dibuat jus agar mereka bisa lebih mudah mencernanya.

Sebenarnya ada banyak buah lainnya yang bisa diberikan kepada bayi, tapi salah satu yang paling terbaik adalah buah apel.

2. Pisang matang 

Jika bayi sudah mulai terbiasa mengonsumsi jus apel, maka mereka bisa mulai diberikan bubur buah. Hal itu seiring dengan tumbuh kembangnya yang sudah semakin mampu mencerna baik makanan cair hingga padat.

Terkait hal itu, bubur apel bisa dijadikan pilihan. Selain itu, pilihan terbaik lainnya yaitu bubur pisang. Mengenai hal ini, maka sebaiknya pilih pisang yang sudah sangat matang. Haluskan kemudian tawarkan kepada buah hatimu ya Moms!

3. Sayuran

Setelah anak mulai terbiasa mengonsumsi buah-buahan, maka bisa diselingi dengan memberinya sayuran. Mungkin respon bayi tak sebaik saat mereka diberi buah-buahan karena rasa sayur yang cenderung pahit atau hambar. 

Namun, tak masalah tetaplah berusaha mencoba memberikan sayuran untuk menambah nutrisi makanan pada bayimu. Terkait hal ini, sayuran seperti wortel, labu, kentang, dan tomat menjadi alternatif terbaik. Rebuslah sayur tersebut kemudian haluskan dan berikan kepada si kecil.

4. Sup

Setelah terbiasa mengonsumsi bubur sayur, maka makanan bayi bisa dibuat lebih bervariatif lagi misalnya sup. Kamu bisa menghaluskan sayur kemudian campurkan dengan rebusan air yang telah diberi sedikit garam.

Atau bisa juga sayur yang digunakan cukup dipotong kecil dan direbus tanpa perli dihaluskan. Hal itu jika sang buah hati memang sudah punya gigi dan kamu ingin melatih mereka untuk mengunyah.

Itulah 4 makanan yang penting diberikan kepada bayi. Selain karena faktor nutrisi, makanan tersebut juga bisa melatih buah hati untuk berkenalan dengan berbagai macam makanan selain susu lho Moms!

Artikel Pilihan