Menu

Kehidupan Seks Gak Membahagiakan? 5 Alasan Ini Mungkin Jadi Penyebabnya, Simak Moms!

29 Desember 2022 10:25 WIB

Pertengkaran suami istri. (Pinterest/Edited By HerStory)

HerStory, Bogor —

Moms, menemukan penyebab pasti dari kehidupan seks yang tak bahagia bisa sangat menantang.

Beberapa faktor dapat memengaruhi kebahagiaan seksual, dan mungkin perlu beberapa percobaan dan kesalahan untuk mengetahui apa yang cocok dan tak cocok untukmu. 

Wanita (dan terkadang pria) sering mengeluhkan bahwa mereka tak mendapatkan cukup foreplay sebelum melakukan aktivitas seksual.

Berikut adalah 5 alasan utama yang bertanggung jawab atas kehidupan seks yang tak bahagia, sebagaimana dikutip dari Times of India, Kamis (29/12/2022).

1. Masalah Ereksi

Kesulitan ereksi adalah masalah seksual paling umum yang dihadapi orang. Sebagian besar, kecemasan dapat disalahkan karena mengganggu kemampuan pria untuk memulai dan mempertahankan gairah selama hubungan seksual. 

Jika kamu berada dalam hubungan berkomitmen, perawatan untuk ini biasanya melibatkan kamu dan pasangan dalam serangkaian aktivitas sentuhan yang dirancang untuk mengatasi tekanan untuk segera melakukan hubungan seksual.

2. Penurunan gairah seks

Dr Chirag Bhandari, pendiri Institut Andrologi dan Kesehatan Seksual, mengatakan, masalah serius lain yang dapat dialami pasangan adalah kekambuhan seksual mereka dipengaruhi oleh penurunan gairah seks atau mereka benar-benar berhenti melakukan aktivitas seksual. 

Pengaturan tersebut bukanlah model one-size-fits-all karena ada berbagai alasan mengapa pasangan menahan diri untuk melakukan aktivitas seksual, termasuk disfungsi ereksi, rasa sakit yang luar biasa selama aktivitas seksual, kelemahan dalam hal waktu seksual, dan hilangnya orgasme karena penyakit, pengobatan, atau stres hubungan.

3. Ejakulasi dini

Menurut para ahli medis, ejakulasi dini dapat sangat mengganggu kehidupan seksual pasangan dan bahkan mungkin hubunganmu juga, Moms.

Tak bisa memuaskan pasangan terbukti membuat frustrasi. Yang mengatakan, itu umum bagi kebanyakan pria untuk kadang-kadang tak dapat menutupi kegembiraan mereka selama hubungan seksual. Faktanya, menurut penelitian, hingga 1 dari tiga pria mengalami masalah ejakulasi dini di beberapa titik dalam hidup mereka.

4. Kurangnya koneksi emosional

Aktivitas seksual terutama dimotivasi oleh cinta dan keintiman daripada hasrat seksual. Dalam kebanyakan kasus, pasangan seringkali terlalu cepat untuk menikmati sensasi hubungan intim, dan terkadang menjadi sangat lambat sehingga seseorang benar-benar menjadi frustrasi karenanya. 

Jawaban dalam kedua situasi tersebut adalah menjadi terikat secara emosional dengan pasangan. Dalam beberapa situasi, dokter merekomendasikan kedua pasangan untuk melakukan latihan sentuhan seksual khusus untuk meningkatkan kinerja mereka di tempat tidur.

5. Penyakit Menular Seksual (PMS)

Penyakit Menular Seksual atau PMS adalah salah satu masalah kesehatan masyarakat utama dan salah satu penyebab utama kehidupan seks yang tidak bahagia. Telah ditentukan bahwa lebih dari 35 infeksi bakteri, virus, dan parasit menular secara seksual. 

Selain itu, faktor lain yang dapat menyebabkan masalah termasuk disfungsi ereksi, hubungan seksual yang tidak nyaman, citra tubuh yang negatif, ejakulasi dini, dan konflik antarpribadi. Menghadapi masalah dan melakukan percakapan langsung dengan pasangan tentang hal itu dapat membantu menyelesaikan masalah dan menstabilkan hubungan kalian, Moms.

Jangan malu meminta foreplay tambahan dari pasangan jika kamu merasa butuh waktu lebih lama untuk terangsang. Kemungkinan besar, mereka akan dengan senang hati mematuhinya.