Menu

Sederet Hal Ini Perlu Segera Dilakukan Jika Kondom PakSu Bocor saat Berhubungan Intim, Catat Moms!

30 Desember 2022 10:05 WIB

Illustrasi kondom yang dilepas dari vagina (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Bogor —

Moms, kamu pasti sudah familiar kan dengan alat kontrasepsi satu ini, kondom. Ya, kondom adalah metode pengendalian kelahiran yang populer karena sangat efektif dalam mencegah kehamilan dan infeksi menular seksual (IMS). 

Meski begitu, kondom tidak 100 persen efektif untuk mencegah kehamilan. Kondom memiliki tingkat efektivitas 98 persen, artinya masih ada dua persen kemungkinan bisa terjadi kehamilan. Adapun alasan utama kondom gagal mencegah kehamilan adalah pemakaian yang tak benar yang menyebabkan kerusakan.

Nah Moms, begitu kamu mengetahui bahwa kondom telah rusak segera beri tahu pasanganmu dan hentikan aktivitas seksual. Jika kamu tak menginginkan kehamilan sekarang, lebih baik menjauh dari pasanganmu saat penghalang ini pecah.

Dan dikutip dari Times of India, Jumat (30/12/2022), lakukan beberapa hal di bawah ini jika kamu ‘terjebak’ dalam situasi yang diakibatkan karena kondom bocor atau rusak. Yuk simak!

1. Jangan panik

Banyak orang panik dan mulai menggunakan beberapa produk untuk menghilangkan sperma setelah aktivitas seksual. Ini tidak diperlukan. Membersihkan alat kelamin secara menyeluruh akan membuatmu baik-baik saja. 

2. Bersihkan cairan 

Minta PakSu untuk segera pergi ke kamar mandi dan mengeluarkan cairan di dalam kondom, Moms. Dan segera juga bersihkan organ intimmu dengan benar.

Caranya, dengan berjongkok atau duduk di toilet sembari mengejan seolah-olah tengah buang air. Setelah itu, bersihkan dengan lembut seluruh area kemaluan dengan air mengalir. Jangan membersihkan area kemaluan dengan sabun atau produk pembersih yang bahannya “keras”.

Idealnya, ini merupakan langkah wajib setelah berhubungan intim. Hal ini dapat membantu menghilangkan patogen yang mungkin memiliki kesempatan untuk masuk ke sistem reproduksi dan mengakibatkan beberapa infeksi seperti infeksi saluran kemih.

3. Pahami siklus menstruasi

Peluang kamu untuk hamil bergantung sepenuhnya pada di mana kamu berada pada siklus menstruasimu, Moms. Jika tubuhmu kondusif untuk sperma, sebaiknya gunakan kontrasepsi darurat, yang paling umum di antaranya adalah pil kontrasepsi darurat.

4. Apa yang menyebabkan kondom robek?

Nah Moms, perlu kamu ketahu bahwa ada sejumlah alasan kenapa kondom bocor atau rusak, seperti menggunakan kondom yang kadaluarsa, memakainya dengan cara yang salah atau menggunakan kembali yang bekas, menggunakan kondom yang diletakkan sembarangan misalnya di dalam dompet dalam waktu yang lama, menggunakan kondom yang terpapar sinar matahari atau suhu tinggi, dan menggunakan kondom yang tak dilumasi 

Karenanya, untuk menghindari ‘kecelakaan’ kondom, seseorang harus membeli kondom berkualitas baik, memakainya dengan benar, memeriksa tanggal kedaluwarsa sebelum menggunakannya dan memastikan ukuran kondom tepat.

Disarankan juga untuk menyimpan kondom dengan benar. Tak seperti yang dilakukan banyak orang, kondom tak boleh disimpan di dalam dompet karena ada kemungkinan besar untuk rusak.

Artikel Pilihan