Menu

Ini 4 Jenis Makanan yang Bisa Menambah Jumlah Sperma dan Meningkatkan Kesuburan, Kasih Tahu PakSu Moms!

06 Januari 2023 20:00 WIB

Jus sayuran dengan perasan Lemon (Unsplash/Jan Sedviy)

HerStory, Jakarta —

Kesuburan merupakan kemampuan seseorang untuk mendapatkan kehamilan. Namun, kesuburan bukan hanya masalah kesehatan wanita, tapi juga pria.

Jumlah dan kualitas sperma yang buruk bisa berpengaruh pada tingkat kesuburan para pria. Untuk itu, penting mencari cara untuk menambah jumlah sperma dan meningkatkan kesuburan.

Melansir dari berbagai sumber (6/1/2023), ada beberapa makanan yang bisa membantu menambah jumlah sperma dan meningkatkan kesuburan. Sudah tahu belum?

Berikut ini beberapa jenis makanan yang bisa menambah jumlah sperma dan meningkatkan kesuburan. Yuk, simak dan kasih tahu Pak Suami, Moms!

Makanan tinggi antioksidan

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa beberapa jenis antioksidan, seperti vitamin C dan vitamin E bisa mengurangi kerusakan DNA pada sperma.

Asupan antioksidan bisa didapatkan dari berbagai macam buah dan sayuran, seperti anggur, stroberi, jeruk, bayam, brokoli, dan wortel.

Selain itu, kacang dan makanan yang terbuat dari biji-bijian utuh juga merupakan sumber antioksidan yang baik untuk menambah sperma.

Makanan dengan kandungan asam folat

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa pria yang kekurangan asam folat atau vitamin B9 akan lebih sulit untuk menghasilkan sperma yang sehat dan berkualitas.

Untuk itu, penting sekali mengonsumsi makanan dengan kandungan asam folat, seperti sayuran hijau, kacang-kacangan, serta buah-buahan sitrus, seperti lemon, jeruk mandarin, dan jeruk nipis.

Makanan dengan kandungan zinc

Zinc merupakan mineral esensial yang berperan penting dalam fungsi reproduksi pria. Zinc mampu meningkatkan kadar hormon testosteron, mencegah kerusakan sperma, dan melindungi sperma dari serangan bakteri.

Makanan mengandung zinc yang bisa dikonsumsi, antara lain daging sapi, telur, makanan laut, dan kacang-kacangan. Makanan tersebut dapat menambah jumlah sperma dan mencegah berbagai masalah kesehatan pada organ intim.

Makanan dengan kandungan selenium

Selenium merupakan salah satu mineral yang dapat bekerja layaknya antioksidan. Kandungan tersebut diyakini dapat bermanfaat untuk menambah jumlah sperma dan meningkatkan kesuburan pria.

Untuk memperoleh manfaat dari selenium, konsumsilah beberapa jenis makanan, seperti ikan sarden, ikan tilapia, ikan tuna, daging sapi, daging ayam, telur, dan bayam.

Nah, itulah beberapa jenis makanan yang bisa menambah jumlah sperma dan meningkatkan kesuburan. Semoga bermanfaat!

Artikel Pilihan