Menu

Bisa Tingkatkan Tumbuh Kembangnya, Ini 5 Manfaat Memasak Bersama Anak

08 Desember 2020 15:30 WIB

Ibu mengajak anaknya untuk memasak bersama. (Pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Saat menjadi orang tua, tentu memiliki tantangan tersendiri saat mendidik anak. Apalagi saat anak-anak memasuki usia senang bermain. Para orang tua harus pintar memutar otak untuk membuat permainan agar si kecil tak bosan.

Nah, jika kamu sedang merasakan hal itu, coba deh ajak anak untuk memasak bersama. Mungkin terdengar merepotkan, tetapi mengajak anak memasak bersama bisa memberikan manfaat untuk tumbuh kembangnya lho. Penasaran? Berikut ini beberapa manfaat yang didapatkan saat mengajak anak untuk memasak bersama:

1. Meningkatkan Keterampilan

Tahukah kamu bahwa memasak dengan anak-anak dapat meningkatkan perkembangan tubuhnya? Saat memasak anak-anak dapat mengembangkan keterampilan akademik, kognitif, dan motorik yang diperlukan. Memasak bersama anak-anak Anda menawarkan berbagai macam kesempatan untuk belajar dan tumbuh.

Memasak menanamkan keterampilan hidup yang mendasar. Ketika nantinya anak-anak tinggal di luar rumah, para orang tua tak perlu terlalu mengkhawatirkan anaknya karena sudah tahu cara memasak.

2. Meningkatkan Minat Makan Sehat

Salah satu manfaat terbesar memasak dengan anak-anak adalah dapat membantu anak untuk mengembangkan palet rasa, seperti mengonsumsi makanan sehat. Anak-anak yang terlibat dalam proses memasak biasanya lebih tertarik untuk mencoba makanan sehat.

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi makanan rumahan, secara teratur, cenderung lebih bahagia dan sehat serta mengonsumsi lebih sedikit gula dan makanan olahan.

3. Meningkatkan Perkembangan Bahasa

Memasak menawarkan kesempatan bagus untuk membantu perkembangan bahasa pada anak. Berbicara dan mendeskripsikan apa yang dilakukan dapat membuat anak-anak kecil mengenal kata-kata dan istilah baru. Seiring bertambahnya usia anak-anak, mereka dapat menjelaskan kepada orang tua apa yang mereka lakukan, apa yang mereka lihat, cium dan rasakan, dan lain-lain.

Setelah membaca, mereka dapat melatih keterampilan dengan membaca resep. Mungkin mereka bahkan dapat membuat resep sendiri, membantu mereka memahami penulisan instruksional.

4. Meningkatkan Kreativitas

Saat memasak, anak-anak dapat melihat bahan berubah warna, tekstur dan bentuk. Saat inilah anak apat membuat prediksi dan pengamatan. Selain itu, anak-anak dapat mengekspresikan kreativitasnya melalui pengembangan resep dan penyajian makanan. Ini bisa sesuatu yang sederhana seperti memutuskan bahan apa yang akan ditambahkan ke dalam salad, atau sesuatu yang lebih kompleks.

5. Membangun Kedekatan Antara Anak dan Orang Tua

Dapur adalah tempat yang tepat bagi orang tua untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama anaknya. Ini bisa menjadi tempat untuk berbicara tentang tradisi keluarga, melalui resep keluarga yang diturunkan, atau bisa juga menjadi tempat hanya untuk saling berbagi cerita mengenai aktivitas harian.

Share Artikel:

Oleh: Nada Saffana

Artikel Pilihan