Menu

Haechan NCT Idap Palpitasi Jantung, Kenali Yuk Penyakit Sang Idol K-Pop! Apa Sih Penyebabnya?

09 Januari 2023 08:05 WIB

Haechan member NCT (allkpop/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Pada Jumat (6/1/2023) lalu, Haechan NCT dikabarkan mengalami kondisi abnormal pada jantungnya. Hal ini membuatnya harus absen sementara dalam aktivitas grup dan berfokus pada kesehatannya. Kabarnya, Haechan mengalami sesak nafas dan jantung yang berdebar.

Kemudian agensi menambahkan, "Karena pemulihan kesehatan Haechan adalah hal yang paling penting, dia berencana untuk istirahat dan memulihkan kesehatannya dengan tidak mengikuti jadwal untuk sementara waktu."

Atas keputusan tersebut, Haechan dinyatakan rehat dan tak mengikuti jadwal yang dijadwalkan minggu depan. Agensi menyatakan akan melakukan yang terbaik untuk mendukung Haechan agar dia dapat bertemu penggemarnya dengan keadaan yang lebih sehat.

Saat ini Haechan didiagnosa menderita palpitasi jantung. Lalu apakah penyakit palpitasi jantung itu? Simak penjelasannya Beauty!

Pengertian Palpitasi

Melansir dari Alodokter melalui laman sindikasi konten Suara.com, Senin (9/1/2022) Palpitasi adalah sebuah keadaan ketika jantung berdegup dengan kencang. Dalam istilah umum, palpitasi dikenal juga dengan sebutan jantung berdebar. Kondisi ini dapat dirasakan di dada, hingga area tenggorokan atau leher, baik saat beraktivitas maupun sedangberistirahat.

Sebenarnya palpitasi atau jantung berdebar merupakan kondisi yang dapat dialami siapa saja, baik anak-anak maupun orang dewasa. Meski kondisi ini umumnya tak membahayakan, tetapi ini bisa jadi awal gejala penyakit serius. Oleh karena itu perlu tetap waspada terhadap kemungkinan tersebut.

Penyebab Palpitasi

Terdapat beberapa faktor yang menjadi pemicu munculnya palpitasi. Seperti faktor psikologis, gaya hidup, mengonsumsi obat tertentu, dan kondisi kesehatan. Faktor psikologis dioengaruhi oleh keadaan gangguan kecemasan, stres, atau serangan panik.

Faktor gaya hidup dipengaruhi oleh kebiasaan merokok, melakukan olahraga yang berlebihan, mengonsumsi minuman beralkohol, berkafein, serta makanan yang mengandung terlalu banyak gula, lemak, MSG, atau garam.

Menginsumsi obat-obatan yang mengandung pseudoephedrine seperti obat asma, obat antihipertensi, antibiotik, obat antidepresan, dan pil diet dan suplemen herbal.

Sedangkan contoh kondisi kesehatan yang bisa memicu palpitasi meliputi dehidrasi, anemia, tekanan darah rendah (hipotensi), kadar gula darah rendah, penyakit hipertiroid, penyakit jantung, seperti gagal jantung, penyakit katup jantung, kelainan otot jantung, dan gangguan irama jantung (aritmia).

Kita doakan semoga Haechan segera pulih dan bergabung lagi dengan grup ya!