Menu

Duh, Mending Jauh-jauh Deh! Ini 4 Tanda Pasanganmu Orang yang Manipulatif, Segera Waspada!

10 Januari 2023 02:40 WIB

Ilustrasi pasangan yang memiliki orientasi seks. (Pixabay/Edited By HerStory)

HerStory, Jakarta —

Manipulatif adalah sebuah strategi atau tindakan di mana seseorang ingin mencoba memiliki kekuasaan dan kontrol terhadap orang lain.

Salah satu contoh tindakan manipulasi adalah suka membolak-balikkan fakta dan menyebarkan rumor jahat terhadap orang lain. Apakah kamu pernah bertemu dengan orang seperti ini?

Tindakan manipulatif ini tentu dapat dilakukan oleh siapa saja dan kepada siapa saja lho Beauty. Bahkan, bisa jadi, seseorang bisa menjadi manipulatif terhadap pasangannya. Ini tentu menjadi red flag bagi pasangan itu sendiri. Oleh karena itu, perlu diketahui beberapa tanda bahwa pasanganmu adalah seorang yang manipulatif. Berikut empat tanda yang menunjukkan bila pasanganmu adalah seorang yang manipulatif.

1. Sering memutarbalikkan perkataanmu

Tanda pertama bila pasanganmu adalah seorang manipulator adalah ketika kalian sedang bertengkar atau beradu pendapat, dia akan selalu memutarbalikkan perkataanmu. Bahkan, tak jarang, dia akan balik menyalahkanmu atas apa yang kamu sampaikan. Alhasil, kamu dibuat bimbang dengan perkataanmu sendiri. Setelah itu, mereka akan tersenyum senang karena telah berhasil memanipulasi pikiranmu. 

2. Kamu dibuat ragu dengan dirimu sendiri

Setelah mempermainkan pendapatmu, berikutnya pasangan yang manipulatif akan membuat kamu ragu dengan diri kamu sendiri. Mereka akan bersikap seolah mereka adalah korban dan kamu adalah pelaku, padahal yang terjadi adalah sebaliknya. Parahnya lagi, mereka bisa membuat kamu mempertanyakan kewarasan diri kamu sendiri.

3. Kamu seolah kehilangan jati diri saat bersama pasanganmu

Tanda berikutnya bila kamu sudah masuk ke dalam jebakan manipulatif pasanganmu adalah kamu seolah kehilangan jati diri saat tengah bersamanya. Tak hanya itu, kamu bahkan sering merasa rendah diri atau selalu merasa kurang dalam mencapai ekspektasi dari pasanganmu. 

4. Sikap pasanganmu yang mudah berubah

Terkadang, pasanganmu akan bersikap begitu romantis, namun juga kerap berlaku sebaliknya. Mereka akan menjadi suka marah-marah atau bersikap jutek kepadamu. Hal ini perlu diwaspadai. Sebab, bisa jadi itu adalah salah satu trik untuk membuat kamu merasa bimbang dengan tindakanmu. Kamu akan merasa ada yang salah dengan dirimu sehingga mereka berubah, padahal nyatanya kamu baik-baik saja. 

Demikian 4 tanda yang perlu diperhatikan bila pasanganmu adalah seorang yang manipulatif. Jangan sampai kamu malah termakan omongannya sehingga mempertanyakan dirimu sendiri ya! 

Artikel Pilihan