Menu

Gak Semua Sehat, Ini 5 Sayuran yang Wajib Dihindari Penderita Asam Urat, Bisa Gawat Kalau Masih Bandel!

10 Januari 2023 13:25 WIB

Ilustrasi seorang wanita mengalami asam urat. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Asam urat merupakan salah satu jenis radang sendi yang terjadi akibat penumpukan kristal asam urat.

Kondisi ini bisa terjadi pada sendi mana pun, seperti di jari kaki, pergelangan kaki, lutut, dan paling sering di jempol kaki.

Penyakit asam urat ini disebabkan oleh penumpukan kristal asam urat pada sendi. Karenanya, penderita asam urat harus selalu memerhatikan asupan makanan yang dikonsumsi supaya penyakitnya enggak kumat.

Dan ternyata, Beauty, ada beberapa jenis sayuran yang bisa memicu asam urat, lho. Makanya, kamu enggak bisa sembarangan mengonsumsi sayuran dan harus selalu memerhatikannya.

Melansir dari berbagai sumber (10/1/2023), berikut ini beberapa sayuran yang perlu dihindari oleh penderita asam urat. Yuk, simak baik-baik, ya!

1. Buncis

Buncis menjadi salah satu sayuran yang perlu dihindari oleh penderita asam urat. Pasalnya, buncis dikenal mengandung tinggi fruktosa yang bisa menjadi pemicu asam urat.

2. Jamur

Jamur juga perlu dihindari oleh penderita asam urat karena memiliki kandungan purin yang cukup tinggi dalam setiap porsinya.

3. Kembang kol

Kembang kol biasanya menjadi pelengkap dalam setiap hidangan, tapi sayuran ini harus dihindari oleh penderita asam urat karena mengandung 23 gram purin di setiap 100 gramnya.

4. Bayam

Bayam memang memiliki banyak kandungan gizi, seperti vitamin C, flavonoid, zat besi, beta karoten, dan luteins.

Namun, penderita asam urat harus menghindari konsumsi bayam karena kandungan purinnya tinggi. Dalam setiap 100 gram terkandung sekitar 57 gram purin.

5. Melinjo

Penderita asam urat juga harus menghindari konsumsi melinjo. Melinjo memiliki kandungaan purin tinggi yang berbahaya untuk penderita asam urat.

Nah, itulah beberapa sayuran yang harus dihindari penderita asam urat. Jangan bandel, ya!

Artikel Pilihan