Menu

Ibu Sibuk Bekerja dan Merasa Bersalah Pada Anak? Ini Tips Mengatasinya!

10 Desember 2020 09:00 WIB

Ilustrasi seorang ibu bekerja yang tengah memeluk anaknya (Getty Images/Edited by HerStory)

HerStory, Bandung —

Menjadi seorang working mom memanglah bukan hal yang mudah. Membagi waktu antara pekerjaan dan keluarga menjadi tantangan tersendiri bagi Moms yang melakoninya. Tak jarang, kesibukan yang padat menjadikan ibu tak punya waktu bersama anak sehingga merasa bersalah.

Dilansir dari berbagai sumber, hal ini wajar dialami ibu yang bekerja. Namun perlu disadari, seorang ibu juga manusia yang bisa membuat kesalahan. Berbuat kesalahan bukan berarti Moms tidak mmpu untuk melakukan dua peran sekaligus. 

Selain itu, berikut beberapa hal yang harus diperhatikan oleh working mom.

1. Jangan Pedulikan Omongan Orang Lain

Setiap ibu punya caranya maisng-masing dalam merawat anaknya. Ada yang mendedikasikan seluruh waktunya untuk anak, ada juga yang harus membagi perhatiannya pada anak. Tak jarang, omongan-omongan negatif terdengar di telinga para working mom. 

Moms harus percaya setiap orang punya polanya masing-masing dalam mengasihi anaknya. Pola-pola itu bisa Moms ambil sebagai pelajaran tentang cara menjadi ibu yang baik untuk anak dan keluarga. Namun, bukan berarti Moms harus mengikuti pola-pola tersebut.

Lakukanlah apa yang menurut Moms benar dan acuhkan omongan orang yang bisa membuat Moms semakin merasa bersalah. Pasalnya, orang lain gak tahu betul tentang kondisi yang sedang Moms jalani.

2. Pandai Mengatur Waktu

Sebagai seoranng ibu yang bekerja, tentunya Moms harus pandai-pandai mengatur waktu antara pekerjaan dan mengurus rumah tangga. Supaya Moms bisa menjalani semuanya secara teratur, Moms bisa membuat jadwal dengan mengurutkan semuanya sesuai skala prioritas. Dengan begini, Moms bisa melakukan semua pekerjaan secara lebih teratur.

3. Selalu Berusaha Memperbaiki Diri

Ketika mengatur dan manjalani pekerjaan yang banyak, membuat kesalahan adalah hal yang wajar. Ketimbang berlarut-larut menyalahkan diri sendiri atas kesalahan yang diperbuat, alangkah baiknya jika Moms menjadikannya sebagai pelajaran.

Seiring berjalannya waktu, Moms  akan punya ritme yang pas ketika harus menjalani peran ganda sebagai ibu dan juga pekerja. Cobalah untuk terus konsisten membagi waktu dengan adil antara keluarga dan pekerjaan sehingga Moms bisa melakukan semuanya dengan baik.