Menu

Usung Bisnis yang Ramah Lingkungan, Lazada dan EIGER Luncurkan Terobosan Baru Upcycling Sampah Jadi Produk Eksklusif

12 Januari 2023 13:54 WIB

Konferensi pers kerjasama EIGER dan Lazada dalam usung bisnis yang ramah lingkungan (Noorma/HerStory)

HerStory, Jakarta —

Beauty, berdasarkan data Kementerian Kelautan dan Perikanan, Indonesia masuk urutan kedua penyumbang sampah plastik sejagat pada tahun 2019 dengan 3,21 Juta metrik ton/tahun, menjadikan persoalan sampah selayaknya menjadi prioritas untuk segera ditangani. Kurangnya kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan menjadi salah satu faktor penyebab permasalahan sampah ini.

Bermula dari keresahan akan isu lingkungan tersebut, EIGER Adventure (EIGER) dan Lazada Indonesia (Lazada) memperkuat kolaborasi dalam inisiatif keberlanjutan (sustainability) untuk berkontribusi dalam mengatasi permasalahan sampah di Indonesia. Hal ini dilakukan demi menjaga kelestarian alam jangka panjang dan memastikan operasional bisnis yang berkelanjutan.

Komitmen kerja sama antara EIGER dan Lazada memperkenalkan kemasan kardus bersertifikasi Forest Stewardship Council (FSC). Kemasan ini lebih ramah lingkungan dan diberikan khusus untuk pelanggan EIGER yang berbelanja melalui platform Lazada. 

Gak hanya itu, EIGER juga memperkenalkan EIGER Green Project dengan gerakan upcycling yang akan dijual secara eksklusif di Lazada. Kerja sama antara EIGER dan Lazada ditujukan diantaranya untuk mendorong dan mempromosikan perilaku lebih ramah lingkungan demi peningkatan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kelestarian bumi.

Harimula Muharam, selaku GM Product & Sustainability Project Leader EIGER Adventure, menjelaskan, sejak tahun 2021, EIGER telah mengukuhkan komitmennya untuk dapat menjadi bagian dari solusi permasalahan lingkungan. 

“Melihat perkembangan bisnis digital EIGER Adventure yang meningkat pesat khususnya melalui platform Lazada, kami menyadari adanya dampak yang dihasilkan terutama sampah plastik dari pengiriman barang kepada konsumen. Hal ini tentu menjadi tanggung jawab kami untuk dapat memberikan pengalaman berbelanja yang berkelanjutan kepada seluruh konsumen,” ujar Harimula, saat konferensi pers EIGER dan Lazada Indonesia, di Jakarta, kemarin.

Dalam kolaborasi antara EIGER dan Lazada, keduanya berkomitmen untuk memulai rantai pasokan yang lebih ramah lingkungan dengan menggunakan material kardus pengiriman bersertifikasi FSC dan mengganti bubble wrap berbahan plastik menjadi honeycomb paper wrap dari hasil daur ulang limbah kardus.

Dalam kemasan kardus tersebut, akan ada QR Code yang bisa dipindai dan  mengarahkan pelanggan ke laporan keberlanjutan EIGER dan Lazada untuk memahami lebih lanjut inisiatif keberlanjutan dari kedua perusahaan. 

“Lazada dan EIGER memiliki kesamaan semangat dalam upaya keberlanjutan untuk kelestarian alam. Karena itu kami menyambut baik kerjasama lanjutan dengan EIGER untuk mempromosikan gaya hidup lebih ramah lingkungan. Kami berharap inisiatif yang dijalankan bersama EIGER ini bisa memberikan pengalaman berbelanja online yang lebih ‘hijau’ bagi para pelanggan Lazada dan mendorong brand lainnya di Indonesia untuk ikut berkontribusi dalam upaya pelestarian lingkungan,” ujar Adiputra Wiharja, SVP Logistics Lazada Indonesia. 

Rangkaian produk Upcycling untuk Gaya Trendi Lebih Ramah Lingkungan 

Pada kesempatan yang sama, EIGER juga memperkenalkan EIGER Green Project melalui rangkaian produk Upcycling Collection vol.1, sebuah gerakan koleksi produk daur ulang yang dirancang untuk memberikan warna baru pada industri mode sekaligus berkontribusi pada lingkungan hidup.

Produk upcycling dari EIGER diciptakan dari pemanfaatan produk yang tak memenuhi standar kualitas atau tak layak jual dengan tujuan untuk mengurangi limbah mode. 

“Melalui proses  upcycling, kami memberikan kesempatan kedua kepada produk-produk yang awalnya tidak layak jual, lalu kami desain dan olah kembali menjadi produk baru dengan memberikan nilai tambah kepada produk tersebut, sehingga dapat diterima konsumen,” ujar Harimula. 

Ia menambahkan, kedepannya konsumen dapat menjadi bagian dari gerakan tersebut dengan mengirimkan barang-barang mereka yang sudah gak digunakan, untuk kemudian disortir oleh pihak EIGER dan diubah menjadi barang trendi baru. Pada EIGER Upcycling Collection vol.1, terdapat setidaknya 35 produk yang dihasilkan dari ratusan produk gak layak jual. 

Rangkaian produk upcycling ke depannya akan dijual secara terbatas mengikuti ketersediaan bahan baku dan eksklusif hanya di EIGER Adventure Official Store di platform Lazada. 

“Kami berharap keberadaan produk upcycling dari EIGER ini bisa sekaligus mempromosikan gaya hidup lebih ramah lingkungan bagi masyarakat Indonesia pada umumnya dan pelanggan Lazada pada khususnya, sehingga semakin banyak orang berkontribusi pada upaya pelestarian alam Indonesia,” ujar Adiputra. 

Share Artikel:

Oleh: Noorma Amalia Siregar