Menu

Besarkan Anak Perempuan Pemberani? Siapa Takut!

10 Desember 2020 16:05 WIB

Ibu sedang membacakan dongeng untuk anak (annarborfamily.com/Edited by HerStory)

HerStory, Purwokerto —

Moms, apa yang ada dipikiran pas denger kata anak perempuan? Pasti Moms membayangkan anak yang manis, penurut, dan lembut. Tapi nyatanya ngga semua anak perempuan sifatnya seperti itu. Kalau si kecil justru menjadi pribadi yang pemberani, cerdas, dan tidak takut berpendapat, Moms punya anak perempuan keren!

Nah kalau Moms sudah tahu si kecil akan menjadi sosok wanita pemberani, yuk kita lakuin beberapa pendekatan ini

1.  Biarkan Anak Mengambil Resiko

Anak yang pemberani biasanya ia cenderung lebih berani untuk mengambil resiko. Moms harus membiasakan memberikan mereka beberapa pilihan agar si kecil terbiasa untuk membuat keputusan. Cara ini ternyata juga bermanfaat untuk kecerdasan intelektual dan emosional lho Moms. 

2. Dorong Anak untuk Punya Ambisi

Meskipun kata “ambisi” kadang punya makna negatif, tapi sebagai manusia kita juga perlu punya ambisi. Dengan memberi dorongan untuk punya ambisi, si kecil akan berlatih punya target dan mengejar apa yang ia inginkan. Biarkan anak punya ambisi yang luas dan beragam dan jangan mengekangknya ya Moms kalau tak sesuai keinginan orang tua.

3. Ajarkan menjadi Anak yang Komunikatif

Keberaninan si kecil harus dibarengi dengan skill komunikasi yang mumpuni. Cobalah untuk berdialog dengan anak, terutama saat ingin mengungkapkan pikiran dan perasaan atau mengambil keputusan. Sebagai orang tua, Moms bisa memberikan respon dan masukan. Dialog terbuka seperti itu akan membiasakan si kecil untuk terbuka pada orang lain.

4. Bantu Mereka Kenali Kelebihannya

Anak perempuan yang pemberani selalu punya label negatif di masyarakat. Moms bisa memberikan penjelasan kalau itu bukan sifat yang buruk sekaligus memberikan dukungan bagi si kecil. Bantu ia untuk terus optimis dan menerima sifat yang ia miliki ya Moms.