Menu

Akhir Pekan Anti Bosan, Ini 4 Manfaat Nonton Film Animasi dengan Anak! Salah Satunya Bisa Tingkatkan Bonding Lho Moms!

13 Januari 2023 08:25 WIB

Ilustrasi anak sedang begadang sambil menonton film. (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Kamu sudah memiliki rencana untuk berlibur bersama keluarga belum Moms akhir pekan ini? Jika belum, mungkin inspirasi menghabiskan waktu ini bisa kamu lakukan demi menjaga ikatan dengan anak.

Gak perlu terlalu sering, kamu bisa melakukan aktivitas seperti menonton film bersama ini sebagai kegiatan untuk mengisi waktu libur saja lho.

Menonton film bersama dengan anak-anak dapat menjadi momen yang tepat untuk kita memberikan arahan pada anak-anak. Kamu juga bisa mengarahkan mereka untuk lebih giat lagi dalam mencapai cita-citanya, lebih dewasa dan lain sebagainya selagi menonton film. Tentu saja kamu tak serta merta menceramahi anak, kamu dapat mengambil contoh dari karakter film yang sedang ditonton.

Menonton film bersama juga dapat membangun ikatan bersama dengan keluarga. Keluarga menjadi lebih dekat dan bahkan bisa berbagi pengalaman saat ada adegan yang mungkin saja terjadi dalam kehidupan pribadi maupun anak-anak. Suasana rumah akan menjadi semakin harmonis dan yang tadinya berebut acara televisi akan jadi lebih akur karena telah memutuskan untuk menonton film bersama. Menonton bersama juga bisa menjadi momen yang sangat tepat untuk memantau perkembangan anak.

Berikut ini ada beberapa manfaat menonton film animasi bersama anak dan keluarga yang perlu kamu ketahui:

1. Mendidik Anak Mempunyai Karakter Positif

Apabila ingin menonton film bersama dengan buah hati memanglah harus ditentukan terlebih dahulu filmnya. Pilihan film yang aman untuk ditonton bersama dengan anak ialah film animasi. Film yang satu ini mempunyai banyak sekali manfaat jika ditonton bersama dengan keluarga. Salah satunya ialah kamu bisa mendidik anak supaya mempunyai karakter yang positif.

Film animasi bisa menjadi media yang menarik untuk mengajari anak. Melalui film animasi yang beraneka warna dengan bentuk yang menarik serta jalan cerita yang seru, tentunya kamu dapat mengajarkan untuk bersikap positif layaknya pemeran utama dalam film tersebut.

2. Ada Pesan Moral

Manfaat selanjutnya dari menonton film animasi ialah adanya sebuah pesan moral di dalamnya. Film animasi dibuat serta dikhususkan untuk anak-anak. Film animasi mempunyai nilai sosial yang tinggi, mengenai norma dan juga moral. Kadang-kadang kita sebagai orang dewasa juga dapat diingatkan dari pesan moral yang sederhana dari sebuah film animasi.

Banyak sekali hal-hal mendasar yang kadangkala kita lupakan. Dengan menonton film animasi, maka para orangtua dan juga anak bisa kembali memetik pelajaran serta pesan moral seperti misalnya dasar-dasar kemanusiaan, bagaimana caranya bersosialisasi, menekan ego, hingga bagaimana berjuang untuk mengejar mimpi.

3. Meningkatkan Jiwa Sosial

Dengan menonton film animasi maka jiwa sosial kita juga dapat meningkat, lho Moms. Ini dikarenakan dalam film animasi biasanya terdapat nilai kejujuran, kepolosan, kasih sayang, saling menghormati, menghargai, dan juga saling berbagi. Menonton film animasi akan mengingatkan kita semua jika kita tak hidup sendiri melainkan bersama dengan orang lain dan antara kita butuh yang namanya toleransi.

Film animasi hadir dengan cara yang sederhana serta bisa mengajarkan bagaimana caranya bersosialisasi dengan baik, tak menyakiti satu sama lain, dan saling bantu layaknya makhluk sosial yang seharusnya.

4. Bikin Bahagia dan Meningkatkan Imun

Tak dapat dipungkiri jika salah satu alasan kita menonton film animasi adalah karena ingin merasa lepas dari beban dan juga melepaskan stres yang melanda. Film animasi hadir dengan humor segar yang bisa membuat kita menjadi selalu tersenyum dan juga bisa membuat kita menjadi rileks.

Karakter-karakter yang ada didalam film animasi begitu menggemaskan sehingga dapat membuat kita tertawa dan juga bisa meningkatkan suasana hati. Saat suasana hati mulai membaik maka sistem imun tubuh dapat meningkat dan kita juga akan menjadi lebih sehat.

Nah, itulah tadi beberapa manfaat menonton film animasi bersama dengan anak-anak dan keluarga. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya Moms! 

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.