Menu

Selamat! Lolos Kurasi PINTU Incubator 2.0, 4 Brand Fashion Lokal Siap Mendunia Lewat Premiere Classe Paris Trade Show 2023

13 Januari 2023 13:45 WIB

Konferensi Pers PINTU Incubator 2.0 yang berlangsung di LAKON, Summarecon Mall Kelapa Gading, Jakarta (Dok. Istimewa/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Beauty, industri fashion Indonesia semakin menunjukkan kiprahnya untuk terjun di pasar global. Salah satunya diprakarsai oleh PINTU Incubator, sebuah program hasil kolaborasi dari JF3, LAKON Indonesia, dan Kedutaan Besar Prancis melalui Institut Francais d’Indonesie (IFI).

Setelah melakukan kurasi tahap kedua untuk memilih brand fashion lokal Indonesia, PINTU Incubator 2.0 memilih brand fashion lokal yang siap berpartisipasi dalam Paris Trade Show-Premiere Classe, yang berlangsung di Paris, Prancis pada tanggal 3 sampai 6 Maret 2023 mendatang.

Premiere Classe merupakan sebuah kegiatan yang telah berlangsung selama 30 tahun dan dikenal dengan kurasi ketat dan high-end. Ajang bergengsi ini hanya menampilkan koleksi dari berbagai brand dan kreator yang secara khusus dipilih karena kreativitas, style, dan orisinalitas.

Kurasi tahap kedua PINTU Incubator dilakukan dengan melibatkan 5 kurator, yang terdiri dari Thresia Mareta selaku inisiator PINTU Incubator sekaligus Founder LAKON Indonesia, Soegianto Nagaria selaku Chairman JF3, Charlotte Esnou selaku Atase Kebudayaan Prancis, Susan Budihardjo selaku Senior Fashion Designer sekaligus Founder LPTB Susan Budihardjo, dan Alexandra Pisco selaku Founder Pisco & co.

Adapun, proses kurasi dilakukan  bersamaan dengan kegiatan eksibisi pada 12 Januari 2023 yang bertempat di LAKON Store, Summarecon Mall Kelapa Gading.

Thresia Mareta mengungkapkan bahwa kurasi yang dilakukan ini menjadi aspek penting bagi para peserta dalam memperluas wawasan terkait pasar global. Theresia juga bilang, terdapat beragam program program bimbingan, seperti  kegiatan mentoring, baik dalam kelas maupun tatap muka one on one bersama para pakar dan profesional baik dalam negeri maupun internasional.

“Kami akhirnya berhasil memilih partisipan yang akan mendapat kesempatan untuk menjajaki pasar global melalui Paris Trade Show, sebuah kegiatan eksklusif dan hanya dapat diikuti oleh brand yang memenuhi standar kualitas internasional dan memiliki konsistensi serta reliability,” ungkap Thresia Mareta, saat konferensi pers di LAKON Store, Summarecon Mall Kelapa Gading, Jakarta, Kamis (12/1/2023).

Sementara Soegianto Nagaria mengaku selalu melibatkan UMKM lokal dalam setiap kesempatan. Oleh karena itu, rasa bangga turut hadir seiring dengan kemajuan bisnis lokal menuju pasar global.

“Selama penyelenggaraan JF3, sejak tahun 2004 hingga sekarang, kami tidak pernah luput untuk melibatkan dan mendukung pelaku UMKM lokal, kami tumbuh dan berkembang bersama. Hari ini kami merasa bangga, karena pada akhirnya misi kami untuk mengangkat para pelaku UMKM Indonesia agar dapat berbicara di tatanan global dapat terwujud dengan nyata,” terangnya.

Lantas, siapa saja brand lokal yang lolos kurasi?

Setelah melalui lebih dari 45 sesi mentoring selama 3 bulan, PINTU Incubator 2.0 mengumumkan 4 brand terpilih yang siap mengikuti Paris Trade Show 2023. Meski begitu, Soegianto menjelaskan bahwa PINTU Incubator akan terus membuka peluang untuk melestarikan budaya dan perkembangan industri fesyen lokal.

Nah, setelah melalui proses penilaian dan pertimbangan terhadap seluruh brand yang turut serta, ada 4 brand terpilih, yaitu:

  1. PARAPOHON
  2. APAKABAR
  3. TENUN IMAM
  4. TENUN LURIK RACHMAD 

Wah, selamat ya!

Artikel Pilihan