Menu

7 Tonggak Penting Perawatan Kulit yang Harus Dilakukan Sebelum Usia 40 Tahun, Ibu Bekerja Coba Yuk!

11 Desember 2020 11:20 WIB

Ilustrasi perawatan kulit leher (The Healthy/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Melakukan perawatan kulit sebelum memasuki usia 40 tahun itu penting dilakukan. Saat berusia 40 tahun, kulit akan berubah secara drastis. Perawatan yang dilakukan pun harus lebih ekstra dari sebelumnya. Seiring menjaga kesehatan tubuh , penting pula untuk memperhatikan kulit.

Bukan untuk mencegah penuaan, tapi ini tentang penuaan dengan 'anggun'. Terlebih lagi, bagi kamu seorang ibu bekerja yang harus tampil prima dengan kulit sehat di setiap kesempatannya.

Berikut ini HerStory Rangkum deretan perawatan kulit yang harus kamu lakukan saat mulai memasuki usia 40-an. Seoerti disadur dari laman Boldsky, Jumat (11/12/2020), berikut tujuh di antaranya.

Hidrasi secara obsesif

Hidrasi adalah kunci kesehatan kulit. Seiring bertambahnya usia, penting untuk membuat kulit tetap lembab. Saat usia mencapai 40-an, kulit semakin menua dan produksi kolagen serta sebum ikut berkurang. Akibatnya, kulit akan terlihat kusam dan enggak 'bernyawa'. 

Jangan lupakan leher

Enggak cuma wajah aja yang diperhatikan, kulit leher pun demikian. Leher adalah salah satu tempat pertama di mana penuaan kulit mulai terlihat.

Saat berusia 40 tahun, leher membutuhkan perhatian lebih dari sebelumnya. Untuk merawatnya, kamu bisa mengoleskan pelembab pada kulit leher agar tetap ter-nutrisi.

Selalu terlindung dari sinar matahari

Kerusakan akibat sinar matahari sangat ekstrem di segala usia, tetapi seiring bertambahnya umur, kerusakan itu menjadi lebih parah. Saat berusia 40 tahun, pelindung kulitmu enggak sekuat sebelumnya. Jadi, sinar matahari secara langsung lebih mudah merusak kulit.

Ibu bekerja, sebelum keluar rumah, oleskan sunscreen dengan SPF minimal 30. Kalau kamu tahu akan berada di bawah sinar matahari dalam waktu lama, tutupi diri dengan syal atau topi untuk perlindungan yang lebih maksimal.

Pakai serum

Seiring bertambahnya usia, kulit mulai kehilangan elastisitasnya. Produksi kolagen di kulit menurun dan akibatnya kulit mulai kendur. Kamu bisa mengatasi hal tersebut dengan bantuan serum.

Serum adalah formula yang berkonsentrasi menargetkan masalah kulit tertentu seperti penuaan pada kulit. Saat berusia 40 tahun, kamu bisa memasukkan serum dalam rutinitas perawatan kulit. Ini akan membuat kulitmu lebih bercahaya dan elastis.

Tidur yang cukup

Proses peremajaan kulit di mulai saat tidur. Seiring bertambahnya usia, kulit membutuhkan waktu yang cukup untuk proses peremajaan. Tidur selama 6-8 jam setiap malamnya adalah kebiasaan yang harus kamu tingkatkan saat mencapai usia 40-an.

Pola makan sehat

Dietmu sangat tercermin dalam penampilan kulit. Singkatnya, diet sehat sama dengan kulit yang sehat dan awet muda. Kalau kamu ingin terlihat bersinar di usia 40-an, konsumsilah makanan yang sehat. Kurangi makan makanan yang berminyak dan tinggi gula.

Nah ibu bekerja, itu dia 6 rangkaian perawatan yang bisa kamu lakukan menjelang usia 40 tahun. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!