Menu

Anak Sering Marah-Marah? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

11 Desember 2020 13:30 WIB

Ilustrasi ibu memarahi anak di tempat umum. (vt.co/Edited by HerStory)

HerStory, Bandung —

Sebagian Moms mungkin pernah mendapati si kecil suka marah-marah tidaka jelas. Ada yang menangis tanpa sebab, melempar barang-barang, dan hal lainnya. Kondisi emosional anak ini juga ternyata bisa dipengaruhi oleh keadaan pencernaan anak, lho Moms!

Dalam diskusi daring bertajuk "Pentingnya Gut Brain Axis untuk Menumbuhkan Anak Hebat", Dr. Rita Ramayulis DCN, M.Kes, mengatakan kalau kondisi pencernaan si kecil bisa memengaruhi kondisi emosional.

Di tubuh anak, ada komunikasi dua arah antara pencernaan dan otak. Sistem pencernaan yang bagus akan mempermudah tubuh untuk memproduksi hormon serotonin yangakan menstimulasi otak untuk memunculkan perasaan bahagia.

Kebalikannya, jika sistem pencernaan si kecil terganggu, maka stimulus yang diterima otak pun akan memberi respon negatif. Jadinya, kondisi emoisonal si kecil akan terganggu dan mungkin mengalami tantrum.

Untuk itu, penting bagi Moms untuk memastikan nutrisi yang dikonsumsi oleh si kecil. Kondisi pencernaan yang baik, akan membuat si kecil lebih sehat secara fisik dan juga secara emosional.