Menu

Lagi Trend untuk Teman Makan Ayam Goreng, Ini 7 Manfaat Kailan untuk Kesehatan Tubuh! Nomor 6 Mantap Banget!

17 Januari 2023 16:45 WIB

Baby kailan goreng. (Guideku/Arendya Nariswari)

HerStory, Jakarta —

Apakah kamu salah satu penikmat sayur kailan yang kini sedang tren menjadi teman makan ayam goreng? Atau malah kamu belum pernah mencoba sayuran ini sama sekali?

Bagi yang belum tahu, kailan adalah sayuran hijau yang masih satu spesies dengan brokoli dan kembang kol.

selain nikmat, kailan juga sangat mudah diolah baik bagian batang atau daunnya serta memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh.

Penasaran gak sih apa saja manfaat sayur kailan yang kini masih sangat jarang diketahui? Simak yuk ulasannya Moms!

Sayur kailan sempat viral di media sosial. Jika diolah menjadi kailan krispi, sayuran ini dianggap sangat lezat apabila disantap bersama nasi hangat dan ayam goreng tepung.

Manfaat Kailan untuk Kesehatan

Dilansir dari laman Healthxchange dan drhealthbenefits melalui sindikasi konten Suara.com, berikut manfaat yang bisa kamu dapatkan dari makan kailan.

1. Kaya akan antioksidan

Kandungan antioksidan pada kailan akan bertindak sebagai pelindung tubuh akan berbagai kerusakan oksidatif. Tentunya, antioksidan juga akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh kamu dan melindungi dari risiko beberapa jenis kanker.

Antioksidan ini diperoleh dari kandungan vitamin A dan vitamin C yang tinggi pada kailan. Supaya nutrisinya tak berkurang, masaklah kailan dengan tepat.

2. Sumber asam folat

Kailan termasuk dalam jenis sayuran berdaun hijau sehingga juga kaya akan asam folat. Kandungan ini dapat membantu pembentukan sel darah merah.

Manfaat tersebut akan semakin terasa pada ibu hamil yang memang sedang dalam masa pembentukan janin. Dengan produksi sel darah merah yang memadai, kemungkinan bayi lahir cacat pun akan semakin kecil.

3. Tinggi serat

Kandungan serat kailan yang tinggi terbukti dapat mencegah sembelit sekaligus meningkatkan kesehatan usus. Serat dalam tubuh juga akan membuat kamu lebih lama merasakan kenyang sehingga mengurangi keinginan untuk makan lebih banyak atau ngemil di luar waktu makan. Jika dibiasakan, ini tentu akan membantu kamu menurunkan berat badan.

4. Sumber kalium

Manfaat kailan selanjutnya adalah menurunkan tekanan darah tinggi. Sebab, sayuran hijau ini memiliki kandungan kalium yang cukup tinggi.

Selain itu, kalium bersama dengan vitamin K, magnesium, dan kalsium yang juga ditemukan dalam kailan akan meningkatkan kesehatan tulang kamu.

5. Merawat kesehatan kulit

Tak hanya menjaga kesehatan dari dalam, kailan rupanya juga bisa memberi perubahan pada kondisi kulit kamu. Manfaat satu ini tak terlepas dari kandungan antioksidan di dalamnya.

Baik vitamin C maupun vitamin E yang ditemukan di daun kailan, dapat menjaga kesehatan kulit dengan meningkatkan produksi kolagen. Dengan begitu, kulit kamu tak akan mudah keriput.

6. Menjaga kesehatan mata

Dengan kandungan vitamin A, lutein, dan zeaxanthin, kailan dapat membantu kamu menjaga kesehatan mata. Kamu bisa rutin memasukkan kailan sebagai menu makan kamu untuk mencegah timbulnya katarak. Kailan juga dipercaya mampu mengurangi risiko gangguan penglihatan di malam hari.

7. Mencegah anemia

Tahukah kamu bahwa kandungan zinc di dalam kailan bahkan lebih tinggi dari daging sapi? Dengan begitu, produksi hemoglobin kamu bisa menjadi lebih pesat sehingga mengurangi risiko anemia.

Hemoglobin dalam tubuh juga akan membantu proses regenerasi sel menjadi lebih cepat. Inilah mengapa salah satu manfaat kailan adalah mencegah anemia.

Artikel Pilihan