Menu

Bukan Manis atau Asam, Ini Ciri Khas Makanan Indonesia yang Wajib Kamu Ketahui! Cuss Praktik Sekarang Biar Makin Jago Moms!

18 Januari 2023 12:10 WIB

Mujair Bumbu Gulai (Sumber/Masak Apa Hari Ini)

HerStory, Jakarta —

Banyak sekali makanan khas Indonesia yang dinobatkan sebagai makanan terenak di dunia. Hal ini karena rasa yang disajikan pada masakan Indonesia sangat unik dan kuat.

Tentu saja ini membuktikan jika masakan Indonesia memiliki rasa yang tak kalah lezat dibandingkan dengan makanan dari negara lain.

Selain itu, masakan Indonesia juga memiliki beberapa ciri khas yang membuatnya berbeda dengan masakan dari negara lainnya. Pengaruh suku dan juga daerah yang berbeda-beda di Indonesia menyebabkan masakan Indonesia menjadi beraneka ragam dan memiliki rasa yang khas.

Berikut ini merupakan beberapa ciri khas masakan Indonesia yang membedakannya dengan masakan dari negara lain yang bisa kamu pertimbangan ketika memasak agar suami makin sayang, yuk simak ulasannya Moms!

1. Banyak Rempah

Indonesia merupakan negara yang kaya akan hasil rempah-rempah. Jadi, tak heran jika rempah-rempah Indonesia digunakan juga sebagai bumbu untuk memasak.

Hal inilah yang menjadikan ciri khas masakan Indonesia yaitu penggunaan bumbu rempah-rempah yang cukup banyak.

Beberapa jenis rempah dari Indonesia diantaranya ialah seperti sereh, kunyit, lengkuas, jahe, daun salam, lada, ketumbar dan lain sebagainya.

Bagi orang asing yang tak terbiasa dengan aroma rempah-rempah, masakan Indonesia mungkin saja akan terasa menyengat namun sekali mencoba pasti akan ketagihan dengan kenikmatan rasanya.

2. Pedas

Selain mengandung banyak rempah-rempah, masakan Indonesia juga terkenal sebagai makanan dengan cita rasa yang pedas. Hampir di semua masakan Indonesia menggunakan cabai sebagai salah satu bahannya bumbunya.

Misalnya ada masakan yang tak menggunakan cabai, pasti akan ada sambal sebagai pendamping makanan. Selain itu, ada banyak sekali jenis sambal yang ada di Indonesia sebagai bagian dari warisan kuliner nusantara.

3. Gurih

Selain memiliki cita rasa yang pedas dan banyak rempah-rempah dalam masakan, ciri yang mudah dijumpai lainnya ialah rasa makanan yang gurih. Saking gurihnya, bahkan bisa membuat ketagihan lho.

Umumnya rasa gurih tersebut didapatkan dari penggunaan santan. Santan dibuat dari daging buah kelapa yang telah cukup tua, lalu diparut, diberi air, kemudian diambil sarinya.

Gurihnya santan kelapa kadangkala juga dipadukan dengan beberapa bahan, seperti cabai, kunyit, ataupun gula Jawa. Semua tergantung jenis masakan apa yang akan diolah. Tak hanya bisa didapatkan pada masakan, rasa gurih pada makanan Indonesia juga dapat dicicipi ketika makan aneka jajanan tradisional.

Nah, itulah tadi beberapa ciri khas masakan Indonesia yang wajib banget kamu ketahui, semoga bermanfaat ya Moms!