Menu

Entrepreneur Baru Merapat! 3 Tips Membangun Bisnis ala Dailybox Group Ini Bisa Kamu Jadikan Motivasi Nih, Cuss Praktekkin...

24 Januari 2023 11:45 WIB

Chef Arcad Fadillah selaku Head of Product bersama Kelvin Subowo selaku President Director Dailybox Group (Dok. Istimewa/Edited by HerStory)

HerStory, Tangerang —

Beauty, membangun bisnis dari nol bukanlah sebuah hal yang mudah sebab banyak rintangan yang mungkin menghadang seiring dengan berkembangnya bisnis.

Meski begitu, bukan berarti pelaku bisnis atau entrepreneur harus patah semangat dan menjejaki bidang lain, kok.

Sebagai entrepreneur yang sudah memulai bisnis sejak tahun 2018, Kelvin Subowo berhasil mengembangkan start up F&B multiplatform, Dailybox Group.

Kini, bisnisnya itu semakin menjamur dan tersebar hingga lebih dari di 300 titik di penjuru Indonesia.

Bukan tanpa usaha keras, Kelvin mengaku menerapkan prinsip 3P dalam membangun bisnisnya. Inilah yang menjadi acuan Dailybox Group khususnya di awal mula bisnis bergerak.

“Saya punya prinsip 3P, yaitu people, passion, persistence,” terang Kelvin, saat jumpa media yang diselenggarakan di Dailybox Avenue, Tangerang pada Senin (23/1/2022).

Kira-kira lebih lanjut bagaimana, sih, prinsip yang dimaksud oleh Kelvin? Yuk, simak selengkapnya dalam artikel berikut ini, Beauty!

1. People 

Prinsip pertama yang dipegang oleh Kelvin adalah ‘people’ atau secara harfiah berarti orang.

Menurutnya, membangun bisnis juga merupakan bagian dari kerja sama baik dengan pihak internal maupun eksternal.

“People adalah tim dan orang yang solid yang memiliki passion sama,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan bahwa dalam hal ini kolaborasi dengan pihak luar juga sangat penting. Oleh karena itu, Dailybox kini mengembangkan kerjasama dengan pihak UMKM.

2. Passion

Masih berkaitan dengan prinsip pertama, Kelvin memandang passion sebagai aspek penting dalam membangun bisnis.

Hal ini dianggap penting sebab ‘bekerja’ akan terasa lebih menyenangkan jika sesuai dengan passion yang dimiliki.

Oleh karena itu, ia mencari tim dengan passion yang sejalan dengan visi dan misi Dailybox. Dengan begitu, tim akan terbangun dengan solid dan dapat bekerja dengan penuh semangat.

3. Persistence

Persistence atau kegigihan juga menjadi penting dalam membangun bisnis. Mungkin kamu pernah mendengar istilah jatuh bangun dalam berbisnis, Beauty.

Hal tersebut juga dialami oleh Kelvin yang mana ia tetap bertahan sebab persistence dalam mengembangkan Dailybox Group.

“Coba lagi, coba lagi (saat gagal). Kami mencoba berbagai cara untuk menemukan formula resep konsistensi Dailybox seperti sekarang,” ungkapnya.

Ia menegaskan bahwa kebanyakan start up atau bisnis hanya terfokus pada keuntungan semata. Namun, hal ini kurang baik sebab perkembangan bisnis jadi kurang ‘ramah’.

Oleh karena itu, Kelvin menegaskan bahwa hal penting yang sebaiknya dilakukan adalah membuat sebuah bisnis yang sustain alih-alih hanya mengutamakan revenue semata.

Semoga informasinya bermanfaat, ya Beauty,!

Share Artikel:

Oleh: Noorma Amalia Siregar

Artikel Pilihan