Menu

Awas.... Jangan Berhubungan Seks Meski Sudah Haid Hari Terakhir, Ini 3 Dampak yang Bisa Muncul Moms!

25 Januari 2023 19:35 WIB

Illustrasi Posisi 'Woman On Top' (Sumber/IST)

HerStory, Jakarta —

Moms, bagi pasangan suami istri, berhubungan seks sangat penting untuk dilakukan. Sebab, rutin berhubungan seks dengan pasangan memiliki banyak manfaat.

Namun, kamu dan pasangan tetap harus memikirkan waktu untuk berhubungan seks. Jangan sampai berhubungan seks pada saat menstruasi atau pada hari terakhir menstruasi, ya Moms!

Melansir dari berbagai sumber, Rabu (25/1/2023), berikut beberapa risiko atau dampak dari berhubungan intim pada hari akhir menstruasi. Yuk, simak baik-baik, ya!

1. Penyakit menular seksual

Semua aktivitas sosial memang berpotensi menularkan infeksi penyakit tertentu. Hal ini juga bisa menjadi salah satu efek berhubungan seks pada saat hari terakhir menstruasi.

Oleh karena itu, selalu pakai atau minta pasangan mengenakan kondom, bahkan jika kamu sudah rutin mendapatkan kontrasepsi lainnya. Pasalnya, pil KB atau jenis suntikan enggak melindungi dari penularan infeksi penyakit menular seksual.

2. Kehamilan

Meski sedang menstruasi, enggak menutup kemungkinan terjadi kehamilan. Potensi efek ini bisa berbeda tergantung pada panjang siklus menstruasi seseorang. 

Enggak menutup kemungkinan adanya fluktuasi atau perbedaan waktu ovulasi. Terutama, jika kamu mengalami siklus menstruasi lebih pendek dan haid berlangsung cukup lama, maka potensi kehamilan akan lebih besar.

3. Kasur kotor dan berantakan

Keluarnya darah mungkin bisa sedikit menyebabkan berantakan, khususnya di sprei.

Supaya enggak menempel ke sprei, ada baiknya mengalasi kasur dengan handuk yang mudah dicuci atau menggunakan perlak.

Kamu juga harus memilih posisi seks yang tepat supaya sisa-sisa darah menstruasi enggak mengganggu aktivitas bercinta.

Nah, itulah beberapa dampak berhubungan seks di hari terakhir menstruasi. Semoga bermanfaat!

Share Artikel:

Oleh: Tasha Rainita

Artikel Pilihan