Menu

Please Jangan Dibiasain... 4 Kebiasaan Buruk saat Sarapan Ini Fatal Banget Lho Akibatnya, Bisa Bikin Umur Pendek!

26 Januari 2023 07:15 WIB

Ilustrasi sarapan sehat untuk menurunkan berat badan. (Unsplash/Brooke Lark)

HerStory, Jakarta —

Beauty, sarapan merupakan salah satu rutinitas penting yang harus dilakukan sebelum mulai menjalani aktivitas harian. Memberikan asupan ke tubuh di pagi hari sangat penting untuk mewujudkan keseimbangan kerja organ.

Secara sederhana, tubuh merupakan sebuah mesin yang terus bergerak. Agar pergerakannya dapat dilakukan secara maksimal, maka butuh asupan salah satunya berasal dari sarapan, Beauty.

Namun, perlu diingat bahwa mengonsumsi makanan di pagi hari gak boleh dilakukan secara sembarangan, lho. Ada beberapa kebiasaan buruk saat sarapan yang ternyata bahaya bagi tubuh.

Bukannya mendapatkan khasiat, dampak buruk dari ‘sarapan abal-abal’ ini akan dirasakan oleh tubuh. Tentunya, kamu gak mau hal tersebut terjadi, kan?

Oleh karena itu, yuk, hindari beberapa kebiasaan buruk saat sarapan berikut, Beauty. Simak selengkapnya dalam artikel yang sudah HerStory rangkum dari berbagai sumber, Kamis (26/1/2023), berikut ini ya!

1. Mengonsumsi sereal tinggi gula

Sereal merupakan salah satu menu pilihan saat sarapan sebab mudah untuk disajikan. Namun, kamu harus bijak dalam memiliki jenis sereal yang baik untuk tubuh, Beauty.

Sereal dengan kandungan gula tinggi terbukti gak baik untuk kesehatan tubuh. Apalagi jika kamu mengonsumsinya dengan tambahan susu dan gula. 

Kandungan gula tinggi pada sereal akan membuatmu mudah merasa lapar dan merusak mood. Bahkan, ada risiko diabetes mengintai, lho.

2. Mengonsumsi donat atau pastry manis

Sama seperti sereal, donat dan pastry umumnya mengandung gula yang tinggi. Kalori yang ada di dalamnya juga tinggi, lho.

Saat makanan tinggi gula masuk ke tubuh, maka insulin akan diproduksi lebih banyak untuk mencerna gula tersebut. Lonjakan gula darah akan meningkatkan rasa ingin akan karbohidrat dan makanan tinggi gula lainnya.

3. Kopi dengan tambahan gula

Beauty, apakah kamu termasuk orang yang sulit memulai hari sebelum menyesap secangkir kopi? Minuman yang satu ini memang bisa meningkatkan semangat di pagi hari.

Namun, biasanya kopi disajikan dengan tambahan gula yang cukup tinggi. Sayangnya, sama seperti makanan tinggi gula lainnya, kandungan ini berbahaya sebab berisiko menyebabkan berbagai penyakit, mulai dari diabetes, obesitas, hingga gangguan jantung.

4. Sering sarapan makanan cepat saji

Makanan cepat saji merupakan makanan yang mudah untuk disajikan sebab sudah melalui proses pengolahan. Sayangnya, makanan jenis ini gak baik baik tubuh, lho.

Sebagian besar kandungan gizi makanan cepat saji, seperti sosis, sudah hilang saat melalui proses pengolahan. Bahkan, daging olahan ini berbahaya bagi tubuh sebab mengandung lemak jenuh tinggi yang dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat pada tubuh.

Nah, itu dia beberapa kebiasaan buruk saat sarapan yang harus dihindari. Sebaiknya tetap penuhi standar nutrisi saat sarapan agar tubuh memiliki stamina untuk bekerja seharian, Beauty!