Menu

Akhir Pekan Makin Seru, Ini 5 Variasi Topping Roti Tawar untuk Sarapan Moms! Di Kecil Pasti Doyan Deh...

27 Januari 2023 19:20 WIB

Ilustrasi menu sarapan terbaik untuk diabetesi. (Shutterstock/Edited By HerStory)

HerStory, Jakarta —

Bagi beberapa orang, sarapan adalah hal yang rutin untuk dilakukan karena bisa menjadi sumber tenaga dan menambah energi serta membuat aktivitas berjalan dengan lancar sebelum makan siang tiba.

Banyak sekali makanan yang bisa dijadikan menu sarapan, salah satunya roti tawar. Terkadang sarapan roti menggunakan aneka selai atau dijadikan sandwich membuat kita bosan. Lalu, adakah alternatif topping roti tawar selain menggunakan aneka selai?

Berikut ini ada variasi topping roti tawar sehat seperti yang dilansir dari British Heart Foundation melalui sindikasi konten Suara.com di bawah ini. Simak yuk Moms!

1. Alpukat dan keju

Alpukat bisa dijadikan sebagai alternatif topping roti tawar untuk sarapan kamu. Dalam alpukat mengandung banyak sekali nutrisi seperti protein, vitamin E, vitamin C, kalium dan lain sebagainya.

Tambahkan keju agar terasa lebih nikmat. Kamu bisa menghaluskan alpukat terlebih dahulu ataupun memotongnya tipis-tipis. Menggunakan alpukat tentunya jauh lebih sehat dibanding selai supermarket yang menggunakan pemanis serta perasa buatan.

2. Pisang 

Selain buah alpukat, kamu juga bisa menggunakan pisang sebagai topping roti yang sehat. Pisang mengandung serat, protein, vitamin C, kalium dan lain sebagainya.

Pisang memiliki rasa manis alami yang bisa membuat sarapan terasa lebih nikmat. Campurkan dengan sedikit kayu manis bubuk agar menambah aroma dan cita rasa.

3. Stroberi dan yogurt

Kamu bisa menggunakan aneka buah berry untuk dijadikan topping roti tawar sebagai sarapan. Stroberi mengandung serat, protein, kalsium, folat dan lain sebagainya, sedangkan yogurt mengandung protein, probiotik dan juga kalsium. 

Stroberi dan yogurt rendah lemak atau greek yogurt bisa kamu gabungkan ke dalam menu sarapan roti tawar kamu. Rasanya sangat nikmat dan segar!

4. Selai kacang buatan sendiri

Buatlah sendiri di rumah selai kacang yang menjadi favorit kamu dna keluarga Moms. Selai kacang mengandung protein, serat, magnesium, lemak jenuh dan lain sebagainya.

Tanpa tambahan garam, gula atau minyak, selai kacang menjadi jauh lebih sehat dibanding Amda membelinya di supermarket lho Moms!

5. Telur

Salah satu bahan makanan yang mudah didapatkan adalah telur. Kamu bisa menggunakan telur sebagai topping untuk menu sarapan roti tawar kamu.

Telur mengandung protein, karbohidrat, vitamin B12 dan lain sebagainya. Jika ingin lebih sehat, rebus telur lalu potong menjadi beberapa bagian.

Demikian tadi variasi topping roti tawar yang bisa kamu jadikan inspirasi untuk menu sarapan sehat kamu. Masih banyak lagi topping sehat yang bisa kamu gunakan, seperti madu, biji chia, aneka selai berry buatan sendiri dan lain sebagainya. Yuk mulai hidup sehat dengan menu sarapan rumahan yang lebih sehat!