Menu

5 Tips Anti Penuaan yang Akan Membuatmu Terlihat Lebih Muda Dari Usia Sesungguhnya

17 Desember 2020 18:10 WIB

Ilustrasi penuaan kulit. (pinterest/freepik)

HerStory, Bandung —

Ingin awet muda selamanya? Sepertinya hal ini bisa dicapai kalau kita bisa menghentikan waktu, ya Moms. Karena mustahil untuk menghentikan waktu, ada baiknya kita merawat kulit dengan extra agar bisa terlihat lebih muda.

Beda usia, tentu beda pula perawatannya. Kelembapan dan elastisitas kulit antara orang dewasa tentu berbeda-beda. Semakin umur bertambah, maka semakin banyak pula masalah kulit yang harus diperhatikan. Dikutip dari Healthline, berikut beberapa tips penting untuk mendapatkan rutinitas perawatan kulit yang mungkin Moms butuhkan.

1. Cuci dengan pembersih yang lembut (gentle wash)

Pembersihan penting untuk menghilangkan produk perawatan kulit atau riasan yang digunakan sepanjang hari, serta minyak kulit alami, polutan, dan bakteri yang terkumpul. 

Moms pasti ingin menggunakan pembersih yang lembut untuk mempertahankan pelindung kulit alami dan menjaganya tetap tahan terhadap dehidrasi dan kerusakan. Pembersih dengan pH tinggi dapat membuat kulit rentan terhadap iritasi dan infeksi. Sedangkan pembersih dengan pH rendah bekerja untuk menjaga keseimbangan kulit yang optimal.

Apakah membutuhkan toner?

Toner dikembangkan di masa lalu untuk mengembalikan pH rendah pada kulit setelah dicuci dengan pembersih pH tinggi. Jika Moms menggunakan pembersih dengan pH rendah, toner tidak diperlukan.

2. Tepuk-tepuk, jangan digosok, saat menggunakan serum

Secara umum, serum mengandung konsentrasi bahan aktif yang lebih tinggi daripada pelembab. Bahan anti penuaan terbaik yang harus diwaspadai adalah turunan vitamin A yang dikenal sebagai Retinoid (retinol, tretinoin, dan tazarotene) dan vitamin C (asam L-askorbat dan magnesium ascorbyl fosfat). Selain meningkatkan kolagen di kulit, mereka juga bertindak sebagai antioksidan untuk menyerap stres oksidatif biologis dan lingkungan yang menumpuk yang menyebabkan penuaan.

3. Pelembab

Dengan bertambahnya usia, kulit menjadi kurang produktif menghasilkan sebum. Meskipun ini berarti lebih sedikit kemungkinan timbulnya jerawat, itu juga berarti kulit akan lebih mudah mengering. Salah satu alasan utama munculnya garis-garis halus adalah hidrasi kulit yang tidak memadai, tetapi untungnya dapat diatasi dengan pelembab.

4. Selalu gunakan tabir surya

Perlindungan kulit dari sinar matahari adalah salah satu cara jitu untuk menjaga kulitmu tetap terlihat semuda mungkin. Matahari bertanggung jawab atas begitu banyak tanda penuaan yang terlihat pada kulit, sehingga kerusakan akibat sinar matahari mendapat kategori khusus dalam dermatologi, yaitu photoaging.

5. Rawat bagian tubuh lain

Selain wajah, area utama yang menunjukkan usia adalah leher, dada, dan tangan. Pastikan Moms tidak mengabaikan area tersebut! Tutupi mereka dengan tabir surya dan Moms akan terlihat lebih muda dari usia yang sebenarnya.