Menu

Bisa Pengaruhi Kesuburan, Ternyata Begini Lho 5 Cara Membedakan Sperma Subur dan Enggak, Buruan Kasih Tahu PakSu Moms!

31 Januari 2023 21:05 WIB

Illustrasi Cairan Sperma (Sumber/Shutterstock)

HerStory, Jakarta —

Moms, kamu mungkin udah tahu jika sperma merupakan cairan yang diproduksi dan dikeluarkan oleh pria dan menjadi bibit tumbuhnya janin. Kualitas sperma sangat penting sebab berkaitan dengan keberhasilan pembuahan.

Tapi ternyata, gak semua sperma memiliki kualitas yang sama baik, lho, Moms. Pakar kesehatan membedakan tingkat kesuburan sperma lewat kekentalannya.

Salah satu cara untuk membedakan sperma yang subur adalah lebih kekentalan. Jika semakin kental sperma, maka semakin cairan ini semakin subur. 

Begitupun sebaliknya, di mana sel sperma yang gak subur biasanya bertekstur encer. Jika kondisi ini berlangsung lama, maka sebaiknya PakSu melakukan pemeriksaan medis, ya Moms.

Selain itu, ada cara lain untuk membedakannya, Moms. Kira-kira apa saja? Yuk, simak selengkapnya dalam artikel yang sudah HerStory rangkum dari berbagai sumber, Selasa (31/1/2023) berikut ini, Moms.

1. Jumlah sel sperma

Jumlah sel sperma juga menjadi penentu apakah cairan mani ini PakSu subur atau enggak. Kisaran jumlah yang subur adalah sebanyak 15 juta sel per 15 millimeter.

Jika jumlah sel berjumlah kurang dari yang normal atau sehat, maka kemungkinan sperma kurang subur. Jumlah ini dapat diketahui setelah melakukan tes, Moms.

2. Bentuk sperma

Meski terlihat sama, ternyata sperma memiliki bentuk yang beragam. Bentuk inilah yang kemudian juga menjadi penentu apakah sel sperma sehat atau enggak.

Sperma yang subur memiliki bentuk kepala yang oval dan ekor yang panjang. Bentuk ideal inilah yang memungkinkan pergerakan sel di rahim menjadi mudah dan kemudian terjadi pembuahan.

3. Pergerakan sel sperma

Pergerakan sperma atau secara seksologi disebut dengan istilah motilitas. Kondisi ini juga menentukan tingkat kesuburan sel sperma.

Sperma yang lincah cenderung lebih subur karena mudah melakukan pergerakan untuk membuahi sel telur.

4. Warna sperma

Kondisi lain yang memengaruhi kesuburan sel sperma adalah warna. Dengan cara ini, dapat dilihat tingkat apakah sel sperma sehat atau engga.

Sel sperma yang sehat umumnya berwarna putih keabu-abuan. Sedangkan sperma yang berwarna bening bisa jadi indikasi bahwa sel sperma gak subur, Moms.

Nah, itu dia beberapa cara untuk mengetahui apakah sel sperma sehat atau enggak, ya. Untuk mengetahui lebih pasti, sebaiknya lakukan pemeriksaan sel sperma secara medis.